Jokowi Terima Nama Tiga Calon Ketua OJK: Mahendra, Cyril, dan Iskandar

Rizky Alika
7 Maret 2022, 12:26
sri mulyani, jokowi, OJK
ANTARA FOTO//BPMI Setpres- Kris/foc.
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Panitia Seleksi (Pansel) Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menyeleksi calon anggota Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027. Presiden Jokowi pun menerima 21 nama calon Dewan Komisioner OJK yang lolos seleksi tahap keempat. 

"Pansel hari ini menyampaikan kepada Bapak Presiden hasil seleksi tahap keempat dan keseluruhan proses seleksi tersebut dengan menetapkan 21 calon yang lulus," kata Menteri Keuangan sekaligus Ketua Pansel Sri Mulyani Indrawati di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (7/3).

Dari 21 calon tersebut, terdapat tiga calon ketua DK OJK yang merangkap menjadi anggota.  Mereka yakni Mahendra Siregar, Darwin Cyril Noerhadi dan Iskandar Simorangkir. 

Sebanyak 21 nama itu telah disaring dari 29 calon yang lulus seleksi tahap ketiga. Mereka telah lolos seleksi tahap keempat, yaitu wawancara dan afirmasi yang dilakukan pada 2-5 Maret 2022.

Seleksi tahap keempat merupakan pendalaman berdasarkan visi dan misi, pemahaman permasalahan internal OJK dan industri keuangan, serta tantangan dan program untuk menguatkan OJK. Dalam tahap ini, Pansel melakukan pendalaman  menyangkut kualitas kepemimpinan, integritas calon, dan kemampuan untuk bekerja sama secara tim untuk mengelola internal OJK serta mengatur dan mengawasi sektor keuangan maupun industri.

Bendahara Negara itu mengatakan, ada tiga calon untuk setiap jabatan Dewan Komisioner OJK.

Selanjutnya, Jokowi akan memilih 14 calon anggota Dewan Komisioner OJK serta menyampaikan nama tersebut kepada DPR. Hal ini sesuai dengan Pasal 12 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang OJK.

Nantinya, DPR akan melanjutkan proses pemilihan Dewan Komisioner OJK.

Adapun, 21 nama yang lolos seleksi Dewan Komisioner OJK tahap keempat ialah sebagai berikut.

Calon Ketua Dewan Komisioner OJK merangkap Anggota:

1. Mahendra Siregar
2. Darwin Cyril Noerhadi
3. Iskandar Simorangkir

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...