Rekayasa One Way dan Ganjil Genap di Tol Trans Jawa Berlaku Hari Ini

Yuliawati
Oleh Yuliawati
28 April 2022, 11:10
jalan tol, one way, mudik
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022).

Pemerintah menerapkan beberapa skema rekayasa lalu lintas untuk menjaga keamanan dan kelancaran arus mudik lebaran 2022. Skema rekayasa tersebut di antaranya aturan one way dan ganjil genap di jalan tol.

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Kombes Pol Romin Thaib mengingatkan masyarakat yang akan mudik untuk mengetahui jadwal rekayasa lalu lintas arus satu arah (one way) dan ganjil-genap (gage) di Tol Trans Jawa.

Pemudik perlu mengetahui jadwal tersebut agar perjalanan mudik berjalan efektif. "Ganjil-genap dilaksanakan bersamaan dengan one way di Tol Trans Jawa," kata Romin di Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu, dikutip dari Antara.

Rekayasa one way diberlakukan di Tol Trans Jawa itu mulai dari KM 47 Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung.

One way tersebut diberlakukan mulai hari ini,  Pada Kamis (28/4), one way diberlakukan mulai dari pukul 17.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

Sedangkan pada Jumat (29/4) dan Sabtu (30/4), one way di lakukan sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Lalu pada Minggu (1/5), one way dilakukan dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta masyarakat untuk mudik lebih awal. Dia menyebutkan masyarakat yang berada di Jawa Tengah sebaiknya mudik sebelum rekayasa lalu lintas satu arah.

"Oleh karenanya kalau bagi mereka mereka yang dari Jawa tengah lakukan perjalanan hari ini karena besok yang satu arah, satu arah dan ganjil genap," ujar Budi, Rabu (27/4).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...