Profil Mieke Wijaya, Aktris Senior yang Berpulang dalam Usia 82 Tahun

Ameidyo Daud Nasution
4 Mei 2022, 14:14
film, Mieke Wijaya, aktris
Instagram: Mieke Wijaya
Aktris senior Mieke Wijaya

Berita duka datang dari dunia perfilman Indonesia. Aktris senior Mieke Wijaya meninggal dunia pada Selasa (3/5) dalam usia 82 tahun.

Mieke berpulang usai dirawat selama 45 hari di rumah sakit karena diabetes dan kanker. "Kemarin malam kami dengar kabar bahwa Tante Mieke sudah tidak ada," kata aktor senior Rano Karno di Jakarta, Rabu (4/5) dikutip dari Antara.

Mieke juga terkenal dengan akting antagonisnya di sejumlah film seperti Beranak Dalam Kubur. Meski demikian Rano Karno mengatakan di kehidupan nyata, wanita kelahiran 17 Maret 1939 ini merupakan sosok yang berbeda.

"Orangnya baik. Makanya kalau Nia (Zulkarnaen) bilang beliau tidak pernah marah, memang begitu," kata Rano.

Mieke merupakan aktris dengan karir malang melintang di dunia perfilman Tanah Air. Dikutip dari berbagai sumber, wanita kelahiran Bandung ini membintangi puluhan film sejak medio 1950.

Ia membintangi film Gagal pada tahun 1955,  Tiga Dara pada 1957, Gadis Kerudung Putih pada 1967, Badai Pasti Berlalu pada 1977, hingga Ayat-Ayat Cinta pada tahun 2008. Mieke juga terkenal dengan peran antagonis di sejumlah film, salah satunya Beranak Dalam Kubur.  

Film Gadis Kerudung Putih juga mengantarkan ibunda artis Nia Zulkarnaen ini menggondol Piala Citra sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik pada 1967. Gelar yang sama juga diraihnya pada tahun 1981 untuk film Kembang Semusim. Ia juga mendapatkan gelar Pemeran Pendukung Terbaik pada 1975 untuk perannya di film Ranjang Pengantin.

Selain itu ia juga aktif membintangi sinetron televisi. Beberapa di antaranya adalah Bunga di Tepi Jalan, Preman KampusJodohku, hingga Anak-Anak Manusia.

Mieke bersama Deddy Mizwar juga mendapatkan anugerah Lifetime Achievement Award pada Puncak Festifal Film Bandung tahun 2011 silam. Gelar ini diberikan sebagai apresiasi pengabdian mereka kepada dunia film Indonesia.  

Ucapan duka juga hadir dari artis lain. Selain Rano, bintang film Chicco Jerikho hingga Happy Salma mengucapkan belasungkawa kepada Nia Zulkarnaen.

"Almarhumah ibu akan mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan yang Maha Esa, Mbak Nia dan keluarga diberikan ketabahan dan keikhlasan," kata Happy Salma di komentar akun Instagram Nia. 

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...