Breaking News: Jokowi Resmi Umumkan Dua Menteri dan Tiga Wamen Baru

Ameidyo Daud Nasution
15 Juni 2022, 13:40
jokowi, reshuffle, kabinet
Youtube Sekretariat Presiden
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Menteri Agaria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Hadi Tjahjanto Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor Wakil Menteri ATR/Kepala BPN Raja Juli Antoni, melakukan sumpah saat Pelantikan Menteri dan Wamen Baru Kabinet Indonesia Maju, Istana Jakarta, (15/6/2022).

Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan perombakan Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (15/6) siang. Pelantikan menteri dan wakil menteri baru dilakukan di Istana Negara, Jakarta.

Ada lima orang yang dilantik, yakni dua menteri dan tiga wakil menteri.  Dua menteri yang dilantik adalah Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan dan Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN). 

Berikut daftar nama menteri dan wakil menteri yang dilantik siang ini adalah:

  1. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan
  2. Menteri Agaria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN): Hadi Tjahjanto.
  3. Wakil Menteri Ketenagakerjaan: Afriansyah Noor
  4. Wakil Menteri ATR/ Wakil Kepala BPN: Raja Juli Antoni
  5. Wakil Menteri Dalam Negeri: John Wempi Wetipo

Pelantikan diawali lagu kebangsaan Indonesia Raya dan diikuti pembacaan sumpah yang diikuti oleh para menteri dan wakil menteri.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan serta bekerja sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawa," kata Jokowi yang diikuti para menteri dan wakil menteri seperti dalam siaran Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (15/6). 

Sebelum pengumuman, Jokowi bersantap siang terlebih dahulu dengan para ketua umum partai koalisi di presidential lounge Istana Kepresidenan. Hadir dalam jamuan tersebut Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, hingga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Selain itu hadir pula Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa, serta Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...