Sikap Mendua PKB untuk Menangi Pemilu 2024, Antara Gerindra dan PKS

Image title
1 Juli 2022, 19:30
Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid (kiri) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2022).
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/YU
Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid (kiri) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah menjajaki peluang koalisi dengan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kerja sama di antara kedua partai politik (parpol) itu pun menamakan diri Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Koalisi kedua partai sudah mulai pada tahap konsolidasi di tingkat pengurus provinsi.

Meski membangun konsolidasi dengan Gerindra, di saat bersamaan PKB terus menjalin komunikasi penjajakan koalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). PKB dan PKS sebelumnya juga sudah mengumumkan penjajakan kerja sama politik yang mereka namai Koalisi Semut Merah (KSM).

Meski hubungan dengan Gerindra semakin intens,  Menurut Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, keberadaan KSM tetap ada. “Koalisi Semut Merah? Ya masihlah. Masih terus jalan,” katanya saat ditemui di Nasdem Tower pada Jumat (1/7).

Tak hanya dengan PKS dan Gerindra, Jazil menyebutkan, bahwa PKB juga aktif menjalin komunikasi dengan Partai Demokrat. Hanya saja, dari komunikasi tersebut PKB dan Demokrat belum membuat kesepakatan politik.

Bahkan, dari beragam komunikasi yang terjalin ini, Jazil pun belum dapat memastikan ke arah mana PKB akan melabuhkan koalisi. 

“Istilahnya belum sampai titik final. Jadi kita akan tetap membangun komunikasi,” ujarnya.

Meski membangun komunikasi dengan beragam partai politik, dan membuat kesepakatan dengan PKS dan Gerindra. Namun, dirinya tak mau PKB dibilang 'bermain dua kaki', sebuah istilah untuk menyatakan sikap oportunis.

“Bukan berdiri di dua kaki. Jadi Koalisi Semut Merah itu suatu gagasan yang dibangun bersama PKS untuk mencari teman koalisi. Nah Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya itu adalah bagian yang lain bersama Gerindra,” jelasnya.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...