PDIP Akan Ajukan Nama Calon Menteri PAN RB, Siapa Saja Kandidatnya?

Image title
4 Juli 2022, 19:46
Sejumlah prajurit TNI menggotong peti berisi jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo dalam upacara militer di Gedung Kementerian PANRB, Jakarta, Jumat (1/7/2022). Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah S
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU
Sejumlah prajurit TNI menggotong peti berisi jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo dalam upacara militer di Gedung Kementerian PANRB, Jakarta, Jumat (1/7/2022). Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pada Jumat pukul 11.10 WIB setelah menjalani perawatan intensif di RS tersebut sejak pertengahan Juni 2022.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dikabarkan akan mengajukan nama tokoh yang akan direkomendasikan sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Namun demikian, partai baru akan menyeerahkan rekomendasi nama tersebut pekan depan karena saat ini masih dalam suasana berduka.

Politikus PDIP, Masinton Pasaribu, mengungkapkan bahwa ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri, sudah mengantongi nama tokoh yang akan direkomendasikan sebagai Menteri PAN RB. Dia menilai, banyak kader PDIP yang mumpuni untuk menempati posisi tersebut.

“Pastilah (sudah ada namanya). Orang kadernya banyak. Banyak dalam konteks mumpuni,” ujarnya saat ditemui di Kompleks Parlemen pada Senin (4/7).

 Saat ini, dia mengatakan, pemberian rekomendasi tersebut ditunda terlebih dahulu karena kondisi partai yang masih berduka. Namun demikian, Megawati diperkirakan akan berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo pekan depan terkait pengganti Menteri PANRB.

“Mungkin setelah seminggu,” ungkapnya.

Dari banyaknya kader PDIP, nama calon Menteri PANRB mengerucut pada Sekretaris Jenderal (Sekjen) Hasto Kristiyanto dan Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Djarot Saiful Hidayat. Menurut Masinton, kedua tokoh tersebut merupakan sosok yang layak karena berpengalaman dalam birokrasi pemerintahan.

“Menurut aku yang layak dan punya pengalaman dalam birokrasi pemerintahan,” ujarnya.

Dari keduanya, Masinton memberi penekanan terhadap kelayakan Hasto untuk menjadi Menteri PANRB. Menurutnya, sosok Hasto merupakan senior dengan jam terbang tinggi.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...