Masih Suasana Duka, Jokowi Belum Putuskan Pengganti Tjahjo Kumolo

Ameidyo Daud Nasution
12 Juli 2022, 13:45
jokowi, tjahjo kumolo, menpan rb
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Presiden Joko Widodo berjalan di dekat sapi kurban setelah diserahterimakan kepada Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar usai melaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (10/7/2022).

Presiden Joko Widodo buka suara soal posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Jokowi mengatakan dirinya masih memproses pengganti Tjahjo Kumolo yang telah meninggal.

"Kami juga masih menunggu karena masih suasana duka," kata Jokowi di Pasar Sukamandi, Subang, (12/7).

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolkam) Mahfud MD mengatakan Jokowi telah mengantongi nama calon Menpan RB. Mungkin hanya menunggu lewatnya waktu belasungkawa," kata Mahfud di Jakarta, Senin (4/7).

Beberapa nama yang sempat santer dikabarkan menjadi Menpan RB adalah politisi PDI Perjuangan Junimart Girsang serta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Meski demikian partai banteng mengaku belum memikirkan nama pengganti Tjahjo lantaran masih dalam masa berduka.

MENTERI PANRB TJAHJO KUMOLO WAFAT
MENTERI PANRB TJAHJO KUMOLO WAFAT (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU)

"Karena Pak Tjahjo ini tokoh yang mengabdi untuk bangsa dan negara serta senior partai yang benar-benar membantu Ibu Megawati membesarkan PDI Perjuangan," kata Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat di DPP PDIP, Jakarta, Senin (4/7).

Begitu pula Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang mengatakan belum ada pembicaraan posisi MenpanRB di antara partai-partai koalisi. Hal ini lantaran suasana duka lantaran Tjahjo baru saja berpulang.

"Jadi agak kurang elok membicarakan hal tersebut," kata Airlangga.

Tjahjo Kumolo meninggal pada Jumat (1/7) lalu di Rumah Sakit Abdi Waluyo. Ia berpulang usai dirawat karena komplikasi penyakit dan infeksi paru-paru.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...