Tunggu Safari Politik Puan, PKB Akan Koalisi Lagi dengan PDIP di 2024?

Image title
13 Juli 2022, 14:24
pkb, pdip, puan maharani
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/pras.
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani membakar ikan pada acara Festival Bakar Ikan Nusantara di Jakarta, Sabtu (25/6/2022).

Menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024, berbagai partai tengah melakukan manuver politik untuk mencari kawan. Salah satunya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang kini tengah menungu giliran untuk didatangi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Hal itu lantaran PDIP memberikan informasi akan mengutus Puan Maharani untuk safari ke berbagai partai politik. “Kita tunggu Mbak Puan (Maharani),” kata Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid pada Rabu (13/7).

Namun Jazilul tak bisa memastikan apakah pertemuan dengan PDIP nantinya tertutup atau terbuka. Jika terbuka, kemungkinan besar Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar yang akan menyambut Puan. “Mungkin bisa langsung ke Pak Muhaimin. Tergantung Pak Ketum nanti,” ujarnya.

Menurutnya, ada kemungkinan PKB dan PDIP untuk berkoalisi. Jazil mengatakan bahwa tak ada perbedaan berarti yang menyusahkan kedua partai untuk bekerja sama.

“Dengan PDIP sampai hari ini baik hubungannya, apalagi koalisi bareng Pak Jokowi,” katanya.

Penjajakan koalisi dengan PDIP pun dinilai Jazil tak menghalangi PKB untuk tetap berkoalisi dengan Gerindra. Hal itu lantaran PKB dan Gerindra sudah bersepakat untuk membuka diri terhadap partai lain untuk bergabung ke dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

“Sepakatnya terbuka bagi partai lain bergabung bekerja sama,” kata Jazil.

Sejauh ini, PKB pun telah berkomunikasi dengan sejumlah partai, baik secara formal maupun informal. Beberapa partai yang sering melakukan komunikasi informal dengan PKB, di antaranya PDIP, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...