Airlangga Hartarto Pamerkan Ekonomi RI Tumbuh 5,4% di Tengah Krisis

Rizky Alika
5 Agustus 2022, 17:23
airlangga hartarto, pertumbuhan ekonomi, covid-19
Humas Kemenko Perekonomian
Menteri Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengunjungi salah satu pabrik di Kawasan Ekonomi Khusus Kendal, Sabtu (23/7).

Ekonomi Indonesia pada kuartal II 2022 tumbuh 5,4%. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pertumbuhan tersebut merupakan capaian yang positif.

Ia juga menyoroti capaian itu diperoleh di tengah situasi global yang sedang krisis. "Indonesia masih bisa tumbuh lebih tinggi dari negara-negara lain," kata Airlangga pada Perayaan 10 Tahun Forum Pemred di Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (5/8).

Advertisement

Menurutnya, perekonomian nasional bisa tetap tumbuh lantaran pemerintah menangani Covid-19 dengan cara yang berbeda, yaitu dengan menerapkan gas dan rem. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Selain itu, pemerintah juga menjaga pertumbuhan ekspor nasional. Untuk itu, ia memastikan pemerintah mendukung perdagangan multilateralisme.

Sebagaimana diketahui, pertumbuhan ekonomi nasional lebih baik dibandingkan sejumlah negara, seperti Cina dan Amerika Serikat. Cina hanya tumbuh 0,4% secara tahunan dan Amerika Serikat yang bahkan terkontraksi 0,9% secara tahunan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement