Preposition Adalah Kata Depan, Ini Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
9 Agustus 2022, 10:09
preposition adalah
Unsplash/ Dillon Shook
Ilustrasi, belajar bahasa Inggris

Prepotion adalah suatu kata untuk menunjukkan hubungan antara kata benda atau kata ganti. Dalam bahasa Indonesia, prepotion disebut preposisi. Tujuan prepotion ini untuk memperlihatkan hubungan tertentu dalam sebuah kalimat.

Dalam sebuah kalimat prepotion menjadi kata penghubung untuk menjelaskan tempat, waktu, dan posisi. Dalam bahasa Inggris, kata preposition yaitu on, in, dan at.

Pengertian Preposition

Pengertian preposition adalah jenis kata yang biasanya terletak didepan noun (kata benda). Dalam bahasa Indonesia terjemahan preposition adalah preposisi, yang juga berarti kata depan. Preposition dalam bahasa Inggris terletak didepan noun dan pronoun.

Contoh preposition dalam bahasa Inggris yaitu at, in, of, for, about, before, from, by, on, under, dan lainnya. Biasanya preposition ini menjadi kombinasi kata benda (noun) dan kata ganti (pronoun).

Jadi, preposition adalah kata depan yang tidak berubah bentuknya. Umumnya preposition ditempatkan sebelum noun dan pronoun. Pemakaian preposition untuk menunjukkan hubungan antara kata benda, kata ganti, dan kata lain dalam sebuah kalimat.

Jenis Preposition

1.Preposition Waktu (Time)

At

Dalam buku The Master Handbook of TOEFL, preposition dipakai sebagai penunjuk waktu (time). Kata preposition 'at' artinya dalam bahasa Indonesia yaitu sebagainya, saat, dan pada. Perlu diketahui preposition 'at' menunjukkan waktu jam (hours). Contohnya at 5 PM, at 12 o'clock, dan at 7 AM. Biasanya pemakaian 'at' untuk menjelaskan jam dan waktu yang tidak spesifik. Berikut contoh kalimat preposition at.

  • My friends usually leave work at five o'clock
    Temanku biasanya berangkat ker jam lima pagi
  • She doesn't like going out at night
    Dia tidak suka pergi keluar saat hari sudah malam
  • Dana and Dini arrive at the same time
    Dana dan Dini tiba pada saat bersamaan
  • We forgive each aother at the moment
    Kami saling bermaaf-maafan saat lebaran

On

Preposition 'on' untuk menjelaskan waktu hari. Misalnya penggunaan on dalam hari ulang tahun, tanggal kelahiran, dan penjelasan hari. Contoh kata yaitu on Friday, on my birthday, dan on May 7th, 1964.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...