10 Film Indonesia Terlaris per Agustus 2022 dari Jumlah Penonton

Image title
30 Agustus 2022, 09:06
film indonesia terlaris
IMDB
Ilustrasi, salah satu adegan dalam film KKN di Desa Penari (2022), film Indonesia terlaris per Agustus 2022.

Industri film Indonesia terus bangkit meski sempat terpuruk karena pandemi. Antusiasme masyarakat untuk menonton di bioskop kini sudah kembali. Hasilnya, berbagai film Indonesia laris diserbu penonton.

Pada 2022, film horor Indonesia mendominasi jajaran teratas. Selain itu, ada film romantis dan komedi yang tak kalah menarik. Melansir data dari Filmindonesia.or.id, berikut 10 film Indonesia terlaris per Agustus 2022 berdasarkan jumlah penonton.

1. KKN di Desa Penari

KKN Desa Penari merupakan film Indonesia terlaris per Agustus 2022 dengan jumlah penonton mencapai 9.233.847 orang. Film ini diadaptasi dari salah satu cerita horor yang viral pada 2019 melalui Twitter. Menurut sang penulis, cerita ini diangkat dari kisah nyata tentang lima orang mahasiswa yang tengah melakukan program KKN (Kuliah Kerja Nyata) di sebuah desa terpencil yang disebut Desa Penari.

Para mahasiswa telah diperingatkan untuk tidak melewati batas gerbang terlarang. Namun, beberapa dari mereka tak mengindahkan peringatan tersebut, hingga serentetan pengalaman janggal dan menakutkan pun menghantui mereka. Program KKN mereka pun berakhir tragis.

2. Pengabdi Setan 2: Communion

Dengan total 5.577.811 penonton, Pengabdi Setan 2: Communion menjadi film Indonesia terlaris kedua. Dalam sekuel Pengabdi Setan ini, Rini, ayah, dan adik-adiknya pindah ke sebuah rumah susun pada tahun 1984. Mereka berhasil menyelamatkan diri dari musibah menyeramkan yang memakan nyawa sang ibu dan si bungsu Ian.

Mereka berharap dapat hidup nyaman dan aman di rumah susun yang dihuni banyak orang. Namun, mereka tidak mengenal siapa saja tetangga mereka. Suatu hari, BMKG mengumumkan akan ada badai hebat. Keluarga Rini memutuskan untuk tetap tinggal di lantai atas rusun itu.

Tak disangka, teror tetap menghantui mereka. Berbagai kejadian menakutkan satu per satu muncul, mencoba mengusik keluarga Rini, terutama para pengganggu yang bukan manusia.

3. Ivanna

Film Ivanna ditonton sebanyak 2.951.204 orang, menjadikannya film Indonesia terlaris kedua di tahun 2022. Film horor ini diadaptasi dari novel Merintih Berang Ivanna Van Dijk karya Risa Saraswati dan merupakan spin off dari film Danur 2: Maddah.

Ivanna mengisahkan Ambar dan keluarganya yang mengalami kejadian aneh saat mereka merayakan lebaran di daerah Bandung. Ambar yang memiliki keterbatasan penglihatan, ternyata mampu melihat hal-hal yang tak kasatmata.

Keluarga Ambar diteror sosok hantu bernama Ivanna, wanita cantik asal Belanda yang berambut pirang. Hantu Ivanna sangat membenci orang-orang berparas Melayu, perempuan cantik, dan keluarga bahagia. Itu karena Ivanna merupakan korban ketidakadilan pada masa transisi antara kolonial Belanda dan Jepang.

Pada masa itu, kebaikan keluarga Ivanna terhadap masyarakat pribumi justru dikhianati,hingga ia tewas mengenaskan. Ambar mencoba menelusuri motif dibalik serangan hantu Ivanna sebelum ia merenggut nyawa orang-orang terdekat Ambar.

4. Ngeri-ngeri Sedap

Menempati posisi keempat dengan 2.886.121, Ngeri-ngeri Sedap menceritakan tentang hubungan sebuah keluarga dengan empat orang anak. Setiap anak memiliki masalah dan kehidupan sendiri yang dekat dengan keseharian kita.

Pasangan Marlina dan Domu merasa gelisah karena keempat anak mereka, Domu, Gabe, Sahat, dan Sarma, semakin jarang pulang menengok mereka di kampung halaman. Padahal, mereka akan mengadakan pesta adat yang mengharuskan semua keluarga berkumpul.

5. Kukira Kau Rumah

Menjadi film Indonesia terlaris kelima per Agustus 2022, Kukira Kau Rumah berhasil menarik minat 2.220.180 penonton. Film genre romansa ini menceritakan kisah cinta antara Niskala Widiatmika dan Pram.

Akibat pernah jatuh dari atap rumah dan kepalanya terbentur, Niskala divonis mengalami gangguan bipolar. Ayahnya yang terlalu protektif, tak mengizinkannya melanjutkan sekolah. Untungnya, teman-temannya secara diam-diam berhasil mengajak Niskala kuliah setiap kali ayahnya pergi bekerja.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...