Jokowi Akan Resmikan Pertambangan 5G Freeport-Telkom, Pertama di ASEAN

Rizky Alika
31 Agustus 2022, 20:43
jokowi, freeport, 5g
ANTARA FOTO/Sakti Karuru/aww.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kiri) berbincang dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kanan) ketika mengunjungi rumah sehat di Doyo Baru, Distrik Waibu, Jayapura, Papua, Rabu (31/8/2022).

PT Freeport Indonesia (PTFI) dan Telkom Group berkolaborasi dalam pembuatan teknologi 5G di pertambangan. Presiden Joko Widodo akan meresmikan teknologi 5G yang berada di Freeport besok.

Teknologi 5G pada pertambangan Freeport ini merupakan yang pertama di Asia Tengggara. "Yang mau saya lihat, seperti apa sih manajemen sebuah tambang dengan 5G system," kata Jokowi saat silaturahmi dengan karyawan PTFI, Mimika, Rabu (31/8).

Kepala Negara mengakui, pengembangan tambang PTFI pada ketinggian 2.000-3.00 mdpl merupakan hal yang sangat rumit. Namun, pengembangan tambang masih dapat dilakukan.

Kepala Negara pun senang lantaran pendapatan PTFI pada 2021 mencapai US$ 7,5 miliar atau sekitar Rp 105 triliun (kurs Rp 14.000 / US$). Pendapatan PTFI pun telah menyumbang 68% Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Mimika. Selain itu, PTFI memberikan andil 34% terhadap PDRB Papua.

Untuk itu, ia meminta Presiden Direktur Freeport Tony Wenas untuk mengelola secara hati-hati. "Itu besar sekali. Begitu (pendapatan) di sini turun, (PDRB) Papua ikut turun," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...