Sinopsis Film G30S PKI, Cerita tentang Kekejian PKI dan Upaya Kudeta

Ghina Aulia
30 September 2022, 13:34
Film G30S PKI
IMDB
Ilustrasi, poster Film G39S PKI.

Salah satu peristiwa bersejarah bangsa Indonesia adalah gugurnya tujuh perwira Angkatan Darat (AS) pada 30 September 1965. Gugurnya para perwira ini karena upaya Partai Komunis Indonesia melakukan kudeta terhadap pemerintah.

PKI sendiri adalah partai politik komunis yang telah dibubarkan. Partai ini sebelumnya telah dua kali melakukan pemberontakan, yakni pada 1926 yang pada akhirnya ditumpas oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda. Kedua, pada 1948 di mana Republik Indonesia merupakan negara yang baru berdiri. Pemberontakan 1948 ini pun berhasil ditumpas.

Meski demikian, partai ini dalam tahun-tahun selanjutnya tetap mendapat tempat dalam belantika perpolitikan Indonesia. Namun, Gerakan 30 September atau yang lebih dikenal sebagai G30S PKI, membuat pemerintah akhirnya menetapkan PKI sebagai partai terlarang, serta melarang ajaran komunis.

Pada 30 September 1965, sebanyak tujuh perwira tinggi dan satu perwira menengah AD diculik, oleh pasukan yang mengatasnamakan Presiden. Delapan perwira tersebut, akhirnya dieksekusi.

Para perwira AD tersebut, antara lain:

1. Jenderal (Anumerta) Ahmay Yani
2. Letjen (Anumerta) Suprapto
3. Letjen (Anumerta) S. Parman
4. Letjen (Anumerta) M. T. Haryono
5. Mayjen (Anumerta) D. I. Pandjaitan
6. Mayjen (Anumerta) Sutoyo Siswomiharjo
7. Brigjen (Anumerta) Katamso
8. Kapten (Anumerta) Pierre Tendean.

Sejatinya, PKI juga mengincar satu jenderal, yakni Jenderal Abdul Haris Nasution, yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Keamanan. Namun, ia berhasil lolos karena ajudannya, Pierre Tendean menghadapi para penculik yang hendak membawanya. Dalam bentrokan yang terjadi di rumahnya, putrinya Ade Irma Suryani, terbunuh.

Lebih lengkapnya, Anda dapat menonton film G30S PKI yang biasanya ditonton setiap 30 September. Ini untuk mengenang jasa pahlawan yang gugur. Film ini diharapkan dapat menambah pengetahuan akan sejarah bangsa Indonesia.

Sebagai informasi, pihak yang melakukan penculikan dikenal dengan nama resimen Cakrabirawa. Padahal resimen tersebut dibentuk langsung oleh Presiden Republik Indonesia yang kala itu menjabat, yakni Ir. Soekarno.

Sayangnya, ada kepentingan lain yang menunggangi pasukan atau resimen tersebut. Di bawah perintah Letkol Untung, mereka melakukan pembunuhan kepada para jenderal. Ia sendiri merupakan Komandan Batalyon I Resimen Cakrabirawa.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sinopsis singkat dari film G30S PKI.

Sinopsis Film G30S PKI

Film ini menceritakan tentang pembunuhan terhadap tujuh jenderal yang kala itu menjabat pada pemerintahan Presiden Soekarno. Kejadian tersebut berlatar tahun 1965, tepatnya pada tanggal 30 September.

Selain itu, film ini juga menggambarkan kekejian PKI yang saat itu berada di bawah kuasa DN Aidit. Terlihat pada awal pemutara film, pihaknya membantai sejumlah warga yang sedang beribadah di masjid.

Pada hari eksekusi, sekelompok tentara yang dikenal dengan nama pasukan Cakrabirawa tersebut mengepung rumah Brigjen D. I. Pandjaitan. Dimana awalnya mereka menyampaikan bahwa sang Jenderal diminta untuk menghadap Presiden.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...