Deretan Tragedi Suporter Bola RI, selain Kerusuhan Stadion Kanjuruhan

Desy Setyowati
2 Oktober 2022, 10:47
Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Stadion Kanjuruhan, arema
Antara/Ari Bowo Sucipto
Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan menewaskan 127 orang menurut data kepolisian per Minggu (2/10) dan 129 orang berdasarkan laporan media asing. Di Indonesia ada sejumlah kasus suporter klub sepak bola yang meninggal dunia.

Media asing seperti The Guardian, Reuters hingga CNBC melaporkan bahwa korban meninggal dunia akibat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan mencapai 129 orang. Sedangkan data kepolisian per Minggu (2/10) 127 orang.

Kerusuhan terjadi setelah pertandingan antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan. Persebaya menang 3-2 dari Arema FC dalam laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 ini.

“Korban meningal dunia karena kekacauan, kepadatan, terinjak-injak dan lemas,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Wiyanto Wijoyo dikutip dari The Guardian, Minggu (2/10).

Berikut deretan tragedi suporter klub sepak bola meninggal dunia di Indonesia:

1. Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan (2022)

Kericuhan bermula saat ribuan suporter Aremania merangsek masuk ke area lapangan. Pemain Persebaya langsung meninggalkan lapangan Stadion Kanjuruhan menggunakan empat mobil Polri, barracuda.

Sedangkan beberapa pemain Arema FC yang masih di lapangan langsung diserbu pemain.

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan itu semakin membesar ketika sejumlah suar atau flare dilemparkan. Benda-benda lainnya juga dilempar oleh suporter.

Petugas keamanan gabungan dari kepolisian dan TNI berusaha menghalau para suporter tersebut.

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan
Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan (Antara/H Prabowo/pras)

Ada kobaran api pada sejumlah titik di dalam Stadion Kanjuruhan. Terlihat ada dua unit mobil polisi di dalamnya.

Salah satu mobil yakni K9 dibakar. Sedangkan mobil lainnya rusak parah dengan kaca pecah dan dalam posisi miring di bagian selatan tribun VIP.

Antara mencatat, jumlah petugas keamanan tidak sebanding dengan jumlah suporter Arema FC yang masuk ke lapangan yang mencapai ribuan. Petugas kemudian menembakkan gas air mata di dalam lapangan.

Tembakan gas air mata itu membuat banyak suporter pingsan dan sulit bernapas. Kemudian suporter lainnya panik.

2. Dua bobotoh Persib (2022)

Dua bobotoh atau pendukung Persib Bandung bernama Asep Ahmad Solihin (29 tahun) dan Sofian Yusuf (19 tahun) meninggal dunia usai pertandingan Piala Presiden 2022 antara Persebaya versus Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jumat (17/6/2022).

Keduanya meninggal akibat terjatuh saat masuk berdesak-desakan ke area stadion. Asep dan Sofian sempat mendapatkan pertolongan medis dan perawatan di RS Sartika Asih, tetapi nyawa mereka tak terselamatkan.

3. Micko Pratama (2018)

Bonek atau pendukung Persebaya Surabaya, Micko Pratama (16 tahun) meninggal dunia pada 15 April 2018. Ia mengalami dipukuli oleh sekelompok pemuda tak dikenal di Solo setelah menonton pertandingan antara Persebaya vs PS Tira di Bantul, Yogyakarta.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...