Pemerintah Tambah Kuota Pertalite jadi 29 Juta KL, Solar 17,4 Juta KL

Muhamad Fajar Riyandanu
3 Oktober 2022, 11:10
bbm bersubsidi, kuota, pertalite, solar, kuota bbm
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.
Pemerintah tambah kuota BBM bersubsidi Pertalite dan Solar untuk menjamin ketersediaannya bagi masyarakat sampai akhir tahun ini.

Pemerintah memastikan adanya penambahan kuota BBM bersubsidi Pertalite dan Solar pada tahun ini. Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan, adanya tambahan kuota dimaksud untuk menjamin pasokan BBM bersubsidi akibat lonjakan konsumsi.

"Ya. Ada penambah kuota untuk menjamin ketersediaan bagi masyarakat," kata Tutuka melalui pesan singkat kepada Katadata.co.id, Senin (3/10).

Sebelumnya, rencana penambahan kuota disampaikan oleh Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara. Dia menyebut, kuota BBM jenis Pertalite akan ditambah menjadi 29 juta kilo liter (KL) dari posisi awal tahun di angka 23,05 juta KL. Sementara solar ditambah menjadi 17,4 juta KL dari kuota yang disiapkan 15 juta KL.

"Pertalite dan Solar akan tetap ada dan tersedia," kata Suahasil Nazara dalam Energy Corner CNBC beberapa waktu lalu, Senin (5/9).

Suahasil menambahkan, estimasi subsidi energi menjadi sekira Rp 650 triliun setelah pemerintah menaikan harga jual Solar dan Pertalite. Hal tersebut sudah termasuk hitungan menggunakan tambahan volume kuota BBM bersubsidi yang baru.

"Kami lihat kalau nanti tambahan kuota berapa lagi yang perlu dikomunikasikan dengan DPR, kalau tidak bisa dialokasikan tahun ini, akan dibayarkan 2023," ujar Suahasil.

Dalam catatan bulanan Pertamina, penyaluran Pertalite hingga Agustus sudah mencapai 19,5 juta KL atau 83% dari total kuota tahun 2022 sebanyak 23,05 juta kl. Dengan demikian kuota yang tersisa hanya 3,55 juta KL untuk konsumsi hingga akhir tahun.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...