Syarat KPU untuk Lembaga Survei Quick Count Pemilu 2024

Ade Rosman
14 Oktober 2022, 14:01
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (kiri) dan Anggota KPU Yulianto Sudrajat memberikan keterangan pers di Kantor KPU, Jakarta, Senin (30/5/2022).
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (kiri) dan Anggota KPU Yulianto Sudrajat memberikan keterangan pers di Kantor KPU, Jakarta, Senin (30/5/2022).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mensyaratkan lembaga survei yang akan melakukan hitung cepat atau quick count pada pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) 2024 mendatang, wajib berasal dari anggota lembaga asosiasi profesi.

Syarat ini diperlukan, karena  asosiasi profesi merupakan lembaga yang dapat mengukur profesionalitas suatu lembaga survei. 

"Nanti kan publik bisa menilai, bukti akademik ya. Tapi bahwa dia klaim profesional, kan KPU tidak bisa menolak," kata ketua KPU Hasyim Asy'ari menyam, di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (14/10).

KPU baru saja menyosialisasikan Rancangan Peraturan KPU RI tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu 2024. Salah satu poin yang diatur peraturan tersebut menyangkut lembaga survei dan quick count.

Dalam rancangan peraturan tersebut, KPU menetapkan beberapa syarat agar lembaga survei dapat melakukan survei atau quick count terkait Pemilu 2024. Hal ini meliputi kelengkapan administrasi, komitmen untuk imparsial, tidak mengganggu proses tahapan pemilu, serta tidak memiliki sumber dana asing.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...