Lemigas Buktikan Kadar Oktan Pertalite 90, Bukan 86 yang Sempat Viral

Muhamad Fajar Riyandanu
14 Oktober 2022, 17:43
pertalite, bbm, lemigas, harga bbm, harga pertalite
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Pengendara kendaraan roda dua mengisi bahan bakar minyak (BBM) di salah satu SPBU di kawasan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Rabu (31/8/2022).

Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi atau Lemigas menyatakan telah melakukan uji kadar oktan BBM bersubsidi Pertalite yang dijual di SPBU Pertamina. Pengujian ini dilakukan di laboratorium Lemigas.

Dari hasil pengujian sampel BBM Pertalite yang diambil dari enam SPBU di Jakarta, didapati hasil oktan atau RON Pertalite berada di kisaran 90,1 hingga 90,7. Angka ini lebih tinggi dari standar oktan Pertalite yang berada di RON 90.

Kepala Lemigas, Ariana Soemanto, mengatakan ada 19 parameter yang dijadikan tolak ukur dalam pengujian kualitas BBM Pertalite, salah satu parameter uji tersebut yakni angka oktan. "Tidak ada yang RON-nya di bawah 90, semuanya di atas RON 90, yaitu kisaran 90,1 sampai 90,7," kata Ari saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM pada Jumat (14/10).

Pengujian kualitas BBM ini dilakukan sebagai upaya untuk menjawab kegelisahan masyarakat atas adanya kabar yang menunjukkan alat uji kadar oktan portabel pada BBM yang diduga sebagai Pertalite menunjukkan angka 86.

Guna memperoleh sampel yang lebih banyak, Lemigas akan terus melakukan pengujian ini secara lebih luas ke berbagai SPBU, termasuk SPBU yang berlokasi di luar Jakarta. "Kami akan terus lakukan pengujian ini secara lebih luas lagi ke berbagai SPBU lainnya, jadi lebih masif lagi," ujar Ari.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...