Memahami Makna Kedaulatan Rakyat dan Penerapannya di Indonesia

Annisa Fianni Sisma
3 November 2022, 10:47
makna kedaulatan rakyat
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi, Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Istilah kedaulatan kerap disampaikan di berbagai tempat. Salah satu pemegang kedaulatan di dunia adalah rakyat. Untuk memahami makna kedaulatan rakyat, berikut ini penjelasannya.

Kedaulatan adalah kekuasaan suatu pihak pada suatu negara. Kedaulatan berasal dari kata bahasa Arab ‘daulah’ artinya kekuasaan tertinggi. Dalam bahasa Inggris yakni ‘sovereignty’ dan dalam bahasa Latin yakni ‘supremus' artinya yang tertinggi. Dapat disimpulkan bahwa kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi dalam negara.

Terdapat 5 teori kedaulatan rakyat yakni teori kedaulatan raja, teori kedaulatan Tuhan, teori kedaulatan rakyat, teori kedaulatan negara, dan teori kedaulatan hukum.

Berkaitan dengan teori kedaulatan rakyat, teori ini menempatkan kekuasaan di tangan rakyat. Terdapat penjelasan lebih dalam terkait hal bersebut, berikut penjelasannya melansir dari hukumonline.com.

Makna Kedaulatan Rakyat dari Teori Kedaulatan Rakyat

Teori kedaulatan rakyat berkaitan dengan teori kontrak sosial yang disampaikan oleh Jean Jacques Rousseau. Jean mengatakan, dalam suatu negara natural liberty berubah menjadi civil liberty.

Ciri menonjol dari perubahan tersebut adalah ketika rakyat memperoleh haknya. Rakyat juga memegang kekuasaan tertinggi dan setiap keputusan berdasarkan kepentingan golongan terbanyak.

Kemunculan makna kedaulatan rakyat ini karena fakta sebelumnya terjadi yakni adanya kewenangan yang semena-mena dan pemimpin yang absolut. Penguasa tunggal pada suatu wilayah akan cenderung memimpin tanpa batas. Ia akan bertindak sesuai dengan kehendaknya saja.

Berdasarkan penjelasan di atas, makna kedaulatan rakyat dalam teori ini hadir untuk mengimbangi kekuasaan tunggal pemimpin negara. Kepentingan masyarakat paling banyak menjadi dasar tindakan negara penganut konsep ini.

Namun menurut Jimly Asshiddiqie, teori kedaulatan rakyat dengan konsep demikian dianggap terlalu murni dan tidak selalu benar. Keputusan mayoritas penduduk tidak selalu benar karena akan mengesampingkan rakyat minoritas.

Dengan adanya fenomena tersebut, teori ini pun berkembang menjadi konsep dari rakyat, untuk rakyat, oleh rakyat. Teori kedaulatan rakyat ini pun menjadi cikal bakal berdirinya sistem demokrasi dan trias politica oleh John Locke.

Demokrasi adalah kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat, oleh rakyat, dan untuk kepentingan rakyat. Negara yang menerapkan teori kedaulatan rakyat salah satunya Indonesia.

Sifat Kedaulatan dikaitkan dengan Kedaulatan Rakyat

Menurut Jean Bodin (1530 hingga 1596), kedaulatan memiliki 4 sifat pokok. Berikut ini sifat kedaulatan menurut Jean Bodin selengkapnya:

1. Tunggal

Sifat kedaulatan menurut Jean Bodin yang pertama yakni tunggal. Tunggal artinya tidak ada kekuasaan lainnya.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...