Cara Merubah Huruf Kapital di Excel dengan 3 Fungsi

Annisa Fianni Sisma
16 November 2022, 17:03
Cara Merubah Huruf Kapital di Excel
PEXEL
Ilustrasi, orang menggunakan komputer.

Pengguna komputer pasti tak asing dengan Microsoft Excel yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Salah satu fitur yang disediakan adalah mengubah huruf kapital di Excel. Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini cara merubah huruf kapital di Excel, dilansir dari support.microsoft.com.

Berbeda dengan Microsoft Word, Excel tidak memiliki tombol yang dapat mengubah teks dari lower case ke upper case maupun opsi lainnya. Namun, pengguna dapat menggunakan fungsi berupa UPPER, LOWER, dan PROPER agar teks dapat berubah dari tulisan.

Fungsi tersebut adalah rumus yang dirancang dalam software Excel untuk mengubah huruf teks menjadi kapital maupun tidak. Berikut cara merubah huruf kapital di Excel.

1. Cara Mengubah Huruf Kapital di Excel dengan Fungasi PROPER

Fungsi PROPER dapat digunakan untuk mengkonversi teks berupa tulisan kapital menjadi non kapital tetapi tetap kapital di awal kalimatnya. Berikut ini contoh penggunaan fungsi PROPER selengkapnya.

 AB
1MEJA HIJAU=PROPER(A1)
2BUKU BIRU=PROPER(A2)
3JENDELA COKELAT=PROPER(A3)
4KACA KAMAR=PROPER(A4)
5PINTU MERAH=PROPER(A5)
6BUKU BARU=PROPER(A6)
7BOLA BASKET=PROPER(A7)

Terlihat pada kolom A terdapat kata dengan huruf kapital. Kemudian pada kolom B cukup tuliskan rumus excel yang diperlukan dan hasilnya akan menjadi seperti berikut:

 AB
1MEJA HIJAUMeja Hijau
2BUKU BIRUBuku Biru
3JENDELA COKELATJendela Cokelat
4KACA KAMARKaca Kamar
5PINTU MERAHPintu Merah
6BUKU BARUBuku Baru
7BOLA BASKETBola Basket

Ketika rumua sudah dituliskan, maka pengguna dapat langsung melihat hasilnya pada kolom B. Data yang disediakan pun telah sesuai dengan data yang diperlukan.

Jika pengguna merasa penulisan rumus di atas terlalu memakan waktu yang lama, terdapat pula cara merubah huruf kapital di Excel dengan fungsi PROPER yang lebih efektif. Berikut ini tahapannya.

 AB
1KUCING ANGGORA=PROPER(A1)
2KUCING PERSIA 
3KUCING HIMALAYA 

Cukup terapkan rumus excel di atas pada kolom B1. Kemudian arahkan kursor pada bagian bawah kanan hingga berbentuk seperti tanda tambah (+) dan tarik ke bawah hingga data yang ingin diubah. Setelah itu, data akan berubah menjadi seperti berikut:

 AB
1KUCING ANGGORAKucing Anggora
2KUCING PERSIAKucing Persia
3KUCING HIMALAYAKucing Himalaya

2. Cara Mengubah Huruf Kapital di Excel dengan Fungsi LOWER

Fungsi LOWER dapat digunakan untuk mengubah huruf kapital menjadi non kapital seluruhnya. Fungsi ini berbeda dengan fungsi UPPER yang membiarkan huruf kapital di awal kata. Berikut contoh penggunaannya:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...