Mencermati Cara Filter di Excel dengan Mudah

Annisa Fianni Sisma
17 November 2022, 20:23
Cara Filter di Excel
Freepik
Ilustrasi, tampilan Microsoft Excel.

Microsoft Excel merupakan salah satu softwer besutan Microsoft Corporation yang terkenal dengan berbagai fitur dan fungsi untuk penggunaannya. Salah satu penggunaannya yakni filter data. Oleh karena itu berikut cara filter di Excel lengkap.

Melalui fitur filter, pengguna Excel bisa menemukan data yang diinginkan dengan lebih mudah. Selain itu, fitur ini dapat digunakan untuk mengurutkan semua data dalam dokumen berdasarkan alfabet. Fitur ini juga dapat digunakan untuk seleksi data sesuai dengan yang diinginkan. Setiap sheet bisa di-filter sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Mengutip support.microsoft.com, terdapat cara filter di Excel yang mudah. Pengguna cukup menggunakan Filter Otomatis atau operator perbandingan bawaan seperti lebih besar dari dan 10 teratas dalam Excel. Untuk memahaminya lebih jelas, berikut ini cara filter di Excel selengkapnya.

1. Cara Filter di Excel dengan Filter Rentang Data

Jika pengguna ingin memfilter rentang data, pilih cell apapun dalam rentag atau range. Kemudian pilih Filter dan Data. Klik tanda panah ke bawah. Pilih Filter Teks atau Angka. Kemudian untuk membandingkan pilih Between. Tahapan pun selesai dan klik OK.

2. Cara Filter di Excel Terhadap Data dalam Tabel

Jika pengguna ingin melakukan filter data yang terdapat pada tabel, maka cara berikut ini dapat diterapkan. Pengguna cukup mengklik panah header kolom yakni berupa panah yang mengarah ke bawah pada atas kolom.

Selanjutnya kosongkan kotak Centang Semua atau Pilih Semua atau Select All. Kemudian klik OK. Cukup filter icon yang ingin ditampilkan saja.

3. Cara Filter Data di Excel dalam PivotTable

PivotTable merupakan fungsi yang cocok untuk mengambil data berukuran besar. Pengguna juga dapat membuat ringkasan detail terkait data tersebut. Berikut ini cara filter di Excel dengan PivotTable.

  • Filter Data dalam PivotTable dengan Pemotong

Pilih cell yang terdapat pada PivotTable, kemudian masuk ke Analisis PivotTable dan Sisipkan Pemotong. Kemudian, pilih bidang yang ingin dibuat pemotongnya dan pilih OK.

Excel kemudian akan menempatkan satu pemotong pada lembar kerja untuk setiap pilihan yang pengguna buat. Pengguna dapat menyusun dan mengukurnya sesuai kehendak. Selanjutnya, klik tombol pemotong atau slicer untuk memilikh item yang ingin ditunjukkan ke PivotTable.

  • Filter Data 10 Item Teratas atau Terbawah

Pengguna juga dapat menerapkan filter untuk melihat item seperti item 10 teratas dan 10 terbawah. Berkaitan dengan hal tersebut, untuk menampilkan FilterOtomatis, pilih panah dengan arah ke bawah sesuai tata letak laporan.

Selanjutnya, pilih Filter Nilai dan 10 teratas. Pilih pada kotak pertama antara Atas atau Bawah. Kemudian pada kotak kedua masukkan angka. Kemudian pada kotak ketiga pilih item atau persentase atau jumlah untuk memfilter data menurut item atau persentase atau jumlah. Berikutnya pada kotak keempat pilih Nilai.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...