Hasil Survei LSI: Masyarakat Masih Terbebani Harga BBM dan Sembako

Ameidyo Daud Nasution
22 Januari 2023, 19:58
harga bbm, sembako, survei
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.
Pengendara roda empat membeli BBM di salah satu SPBU di kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (3/1/2023).

Masyarakat masih merasakan harga sembako dan bahan bakar minyak (BBM) belum terjangkau saat ini. Hal tersebut merupakan hasil penjaringan opini yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada Januari 2023.

Survei dilakukan dengan metode random digital dialing kepada 1.221 responden. Survei yang digelar pada 7 hingga 11 Januari ini memiliki margin of error 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Dari hasil survei, sebanyak 46% responden merasa harga BBM saat ini tidak terjangkau. Angka tersebut terdiri dari 33% kurang terjangkau dan 13% menyatakan harga sangat tidak terjangkau.

Begitu pula masyarakat yang menilai harga sembako tidak terjangkau juga mencapai 46%. Angka tersebut terdiri dari 36% responden yang menyatakan kurang terjangkau dan 10% menilai harga sembao sangat tidak terjangkau.

Responden wanita merupakan sosio demografi yang banyak menyatakan harga sembako dan BBM kurang atau tidak terjangkau. Sebanyak 52,7% menyatakan harga sembako saat ini tak terjangkau, sedangkan 49,2% perempuan mengatakan harga BBM saat ini kurang terjangkau.

Dari kelas usia, responden berumur 26 hingga 40 tahun paling banyak merasakan harga sembako tak terjangkau mereka. Sedangkan tingginya harga BBM paling banyak dirasakan oleh kelompok usia di bawah 21 tahun.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...