Top News: PNS Dipastikan Dapat THR 2023, UOB Akuisisi Bisnis Citigroup

Aryo Widhy Wicaksono
30 Maret 2023, 03:55
Ilustrasi PNS
setkab.go.id
Ilustrasi PNS

Pada awal Ramadan 1443 Hijriah, Pemerintah memastikan akan memberikan tunjangan hari raya atau THR 2023 kepada PNS dan pensiun PNS. Jumlah komponen THR akan sama dengan tahun lalu, dengan tambahan tunjangan kinerja. 

Kepastian THR untuk PNS menjadi salah satu berita terpopuler atau top news Katadata.co.id, Rabu (29/3). Selain itu, simak juga berita mengenai aturan lengkap THR 2023, UOB mengakuisisi bisnis konsumen Citigroup, dan mantan Ketua KY yang mendapatkan penganiayaan.

Berikut top news Katadata.co.id, Rabu (29/3):

1. PNS akan Terima THR 2023 Seperti Tahun Lalu, Mencakup Tukin 50%

Pemerintah akan mencairkan THR kepada PNS dan pensiunan PNS pada H-10 Lebaran. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, komponen THR dan gaji ke-13 PNS pada 2023 akan sama dengan tahun lalu, mencakup gaji pokok, tunjangan melekat, serta tunjangan kinerja sebesar 50%.

Menurut Sri Mulyani, kebijakan THR dan gaji ke-13 PNS dan pensiunan seiring dengan tantangan dan kondisi saat ini, serta tren kebijakan moneter untuk menangani inflasi yang cenderung ketat.

2. Petinggi Gojek Tanggapi Riset 66% Ojek Online Ingin Kerja Kantoran

Petinggi GoTo Gojek Tokopedia menilai kajian bahwa 66% pengemudi ojek online ingin bekerja sebagai ‘pekerja kantoran’ masuk akal. Bahkan, banyak driver ojol yang sudah bekerja di kantor.

Komisaris GoTo Gojek Tokopedia, Agus D.W Martowardojo, mengatakan perusahaan telah menggaet 2,5 juta mitra pengemudi taksi dan ojek online.

Namun, jika kesempatan kerja tetap itu belum tersedia, pengemudi ojek online tetap bisa mendapat penghasilan melalui aplikasi Gojek. Selain itu, ada juga pegawai kantoran maupun mahasiswa yang membuka toko di Tokopedia.

Hal senada disampaikan Direktur Utama GoTo Andre Soelistyo. Ia menyebutkan, lebih dari 50% mitra pengemudi taksi dan ojek online di platform merupakan pekerja sambilan atau part timer.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...