Terbangkan Jemaah Haji Pertama 24 Mei 2023, Layanan Fokus pada Lansia

Intan Nirmala Sari
8 April 2023, 12:23
HIS PICTURE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. Umat Muslim memakai masker pelindung dan menjaga jarak sosial melakukan Tawaf mengelilingi Ka'bah dalam musim Haji di tengah pandemi penyakit virus korona (COVID-19) di kota suci Mekah, Arab Saudi, Jumat (31/7/
ANTARA FOTO/REUTERS/Saudi Press Agency/Handout /pras/cf
HIS PICTURE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. Umat Muslim memakai masker pelindung dan menjaga jarak sosial melakukan Tawaf mengelilingi Ka'bah dalam musim Haji di tengah pandemi penyakit virus korona (COVID-19) di kota suci Mekah, Arab Saudi, Jumat (31/7/2020).

Indonesia berencana memberangkatkan Kelompok Terbang (Kloter) pertama jemaah haji tahun 2023/1444 Hijriah ke Arab Saudi pada 24 Mei 2023. Keberangkatan tersebut akan dilakukan melalui 14 embarkasi haji di Indonesia.

"Jumlah jemaah haji setelah pandemi Covid-19 kembali normal dengan kuota 221 ribu orang," kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Hilman Latief saat Bimbingan Teknis Tugas dan Fungsi bagi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), di Asrama Haji Pondok Gede, Sabtu (8/4).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 67 ribu orang atau sekitar 30% tergolong sebagai jemaah lanjut usia. Untuk itu, Kemenag berkomitmen mewujudkan pelayanan haji ramah lansia untuk diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Kami harus menyiapkan petugas secara lebih matang dari segi wawasan, keterampilan, tenaga, hingga dedikasi, karena memang tantangan tahun ini cukup besar. Ada konfigurasi jemaah yang jumlah lansianya cukup banyak, hampir 20% hingga 30 %," kata Hilman Latief.

Bahkan, untuk keberangkatan haji tahun ini, Indonesia memiliki calon jemaah haji berusia 105 tahun, sehingga akan diverifikasi dan dilakukan pengecekan kesehatan. Selanjutnya, akan diputuskan apakah jemaah tersebut bisa diberangkatkan ke Tanah Suci tanpa syarat, dengan syarat tertentu, atau justru tidak layak berangkat.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...