Top News: Maxim dan InDrive Tanpa Insentif, PPN Terutang Bangun Rumah

Aryo Widhy Wicaksono
10 April 2023, 04:57
Maxim, Gojek, dan Grab
Facebook Persaudaraan Gojek Grab Maxim Medan
Maxim, Gojek, dan Grab

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 1444 Hijriah tinggal menyisakan dua pekan ke depan. Salah satu hal yang pekerja nantikan menjelang Lebaran adalah turunnya pembagian Tunjangan Hari Raya atau THR.

Akan tetapi kondisi ini tidak terjadi kepada pengemudi taksi maupun ojek online atau ojol. Mereka bekerja dengan status mitra, sehingga aplikator seperti Gojek, Grab, Maxim, dan inDrive tidak memiliki kewajiban untuk memberikan THR.

Sebagai ganti THR, Gojek sebagai aplikator memberikan insentif bagi mitra pengemudi mereka. Lantas bagaimana dengan Maxim dan inDrive?

Jawaban dari pertanyaan tersebut menjadi salah satu artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id pada akhir pekan lalu.

Simak artikel top news Katadata.co.id berikut ini:

1. Maxim dan inDrive Susul Gojek Beri Bonus ‘THR’ ke Ojek Online?

Gojek memberikan insentif kepada pengemudi taksi dan ojol sebagai pengganti THR keagamaan. Platform lain seperti Maxim dan inDrive melakukan hal yang sama?

Business Development Representative inDrive Indonesia, Ryan Rwanda, mengatakan bahwa pengemudi dan penumpang memiliki hak yang sama. Oleh karena itu, inDrive tidak menerapkan skema bonus atau insentif tambahan untuk pengemudi saat Ramadan maupun Lebaran.

Hal senada juga diungkapkan Development Manager Maxim Indonesia, Imam Mutamad Azhar. Perusahaannya tidak pernah memberlakukan adanya bonus ataupun insentif kepada mitra pengemudi.

2. Gojek dan inDrive Masih Rekrut Driver Ojol, Kekurangan Ojek Online?

Gojek dan inDrive menyatakan masih membuka perekrutan mitra pengemudi taksi dan ojek online. Apakah hal ini karena kekurangan pengemudi taksi online dan ojol?

Business Development Representative inDrive Indonesia, Ryan Rwanda, mengatakan perusahaan tidak menghadapi kekurangan pengemudi taksi dan ojek online. Namun perusahaan tetap membuka perekrutan.

Gojek juga masih membuka perekrutan mitra pengemudi taksi dan ojek online. Namun langkah ini disesuaikan dengan kebutuhan permintaan di suatu wilayah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...