PAN Bantah Dukung Prabowo, PDIP Siap Semua Opsi Termasuk Koalisi Besar

Ira Guslina Sufa
14 April 2023, 07:35
PAN dukung Prabowo
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kedua kiri), dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) memberikan keterangan pers usai menghadiri acara Silaturahmi Ramadhan 1444 H DPP PAN di Kantor DPP PAN, Jakarta, Minggu (2/4/2023).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan menyatakan partainya saat ini belum mendukung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden yang diusung koalisi besar. Zulkifli menyebut saat ini belum ada pembicaraan mengenai dukungan capres dalam koalisi besar. 

“Yang ada saat ini masih komunikasi politik. Kami mengobrol ke sana dan ke sini, belum pada tahap dukung mendukung," ujar Zulkifli di Kantor DPP PAN, Kamis malam (13/4). 

Koalisi besar merupakan penggabungan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR). Wacana ini bergulir kuat setelah lima pemimpin partai politik bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada Minggu (2/4) lalu. Lima partai yang telah menyatakan kesepahaman bergabung dalam koalisi besar adalah Partai Golkar, PAN, dan Partai Persatuan Pembangunan, Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa. 

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan PAN merupakan partai yang sudah dua kali mengusung Prabowo Subianto menjadi calon presiden. PAN mendukung Prabowo pada pemilihan presiden 2014 dan 2019. 

"Jadi ibaratnya kalaupun ada pembicaraan yang lebih intensif lagi dengan Gerindra dan Prabowo lagi, kami ibaratnya PAN tinggal klik begitu saja," ujar Eddy.

Ia menjelaskan hal itu juga salah satu penyebab PAN mengunjungi Prabowo beberapa waktu lalu. Eddy menyebut PAN ingin membangun kembali gagasan dan pemikiran yang telah terjalin pada dua pilpres sebelumnya. 

Zulkifli telah berkunjung ke kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta, Sabtu (8/4). Dia didampingi Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi, Asman Abnur, dan Yandri Susanto.

PDIP Siapkan Semua Opsi 

Meski saat ini baru lima partai yang telah menyatakan kesamaan visi untuk bergabung, koalisi besar masih mungkin bertambah. Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan partainya siap dengan semua skema yang ada dalam menghadapi Pemilu Presiden 2024.  

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...