BMKG: Guncangan di Jakarta Disebabkan Gempa Tuban

Andi M. Arief
14 April 2023, 18:02
gempa, gempa tuvban, jakarta, bmkg
Pixabay
Ilustrasi gempa

Guncangan menggoyang Provinsi DKI Jakarta pada sore hari ini. Pusat gempa tersebut berada sekitar 720 kilometer dari Ibu Kota, yakni di Tuban, Jawa Timur.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendata titik gempa berada di Barat Laut Tuban pukul 16.55 WIB. Gempa tersebut bermagnitudo 6,6 dengan kedalaman titik gempa berada pada kedalaman 632 kilometer.

"Ayunan gempa ini terasa hingga jarak yang jauh, tapi diharapkan tidak menimbulkan dampak kerusakan yang signifikan," kata Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana Abdul Muhari dalam keterangan resmi, Jumat (14/4).

Secara rinci, gempa di sekitar wilayah Tuban tersebut terjadi pada 6.29 derajat Lintang Selatan dan 111.92 derajat Bujur Timur atau 68 kilometer barat laut Tuban. Meski demikian, BMKG menilai gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Muhari menjelaskan, ayunan gempa tersebut terasa hingga Jawa Barat dan DKI Jakarta. Ia menilai kerusakan yang dihasilkan dari gempa tersebut tidak signifikan mengingat bukan gempa dangkal.

Namun, BMKG akan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dari tingkat pusart hingga daerah.

Sebagai informasi, Adapun tagar gempa menjadi trending di Twitter. Selain melaporkan adanya gempa Tuban, warganet melaporkan guncangan terasa di Jakarta, Bandung, hingga Magelang.  

Dari peta BMKG, gempa terjadi di Laut Jawa. Ini berbeda dengan beberapa lindu sebelumnya yang terjadi di selatan Pulau Jawa.

Adapun, gempa dangkal belum lama ini terjadi di Cianjur pada 21 November 2022. Gempa tersebut bermagnitudo 5,6 dengan kedalaman hanya 10 kilometer.


Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...