PKB Bujuk Demokrat Gabung, PAN Harap Koalisi Besar Terwujud

Ade Rosman
4 Mei 2023, 19:32
PKB Temui Demokrat. PAn dukung koalisi besar
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nz
Ketua Umum 5 partai yang bersepakat gabung koalisi besar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Partai Amanat Nasional (PAN) menyambut wacana pembentukan Koalisi Besar yang terus bergulir. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan partai pimpinan Zulkifli Hasan tersebut gembira jika rencana Koalisi Besar dapat terealisasi.

Menurut Viva beberapa hal positif akan mengikuti jika Koalisi Besar benar terbentuk. Ia mengatakan, pasangan calon yang akan diusung Koalisi Besar berpotensi besar untuk memenangkan pilpres 2024. Pasalnya, kata Viva, basis sosial dan konstituen dari koalisi telah diperbesar sehingga sejalan dengan penambahan suara nantinya.

“Pergerakan di lapangan dapat lebih efektif dan dapat dimanfaatkan untuk pendidikan politik rakyat,” kata Viva Kamis (4/5).

Adapun saat ini PAN telah tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Pada Rabu (3/5) kemarin, Partai Golkar bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bersepakat untuk berinisiatif membangun Koalisi Inti. 

Koalisi Inti tersebut nantinya akan menjadi penggerak terbentuknya Koalisi Besar. Di sisi lain, saat ini PKB sedang menjajaki Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama Partai Gerindra.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...