MUI Bentuk Tim Khusus, Pertanyakan Sebab Kematian Pelaku Penembakan

Ira Guslina Sufa
5 Mei 2023, 12:21
MUI
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/tom.
Anggota Brimob berjaga usai kejadian penembakan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Majelis Ulama Indonesia membentuk tim khusus untuk mengusut insiden penembakan di Kantor MUI Pusat, Jalan Proklamasi Jakarta Pusat. Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah K.H. Cholil Nafis menjelaskan pembentukan tim khusus merupakan hasil pertemuan bersama sejumlah tokoh ormas pada Kamis (4/5).

Menurut Gholil tim khusus dibuat untuk menyelesaikan dua hal. Pertama mengenai penyelesaian mekanisme hukum. Sedangkan kedua dari sisi sosial guna terus menjaga spirit dakwah bagi umat.

"Iya, tetap kami jalan kebenaran, semangat berdakwah, dan juga senantiasa memberikan ruang terbaik untuk bangsa dan negara," kata Cholil seperti dikutip dari Antara, Jumat (6/5).

Cholil menjelaskan dari pertemuan MUI diminta meningkatkan eskalasi pengamanan dan penjagaan. Dia juga menyebutkan bahwa para tokoh yang hadir menyarankan agar MUI melibatkan sistem pengamanan digital, seperti menggunakan detektor siber. 

"Iya, tetap MUI menjadi rumah bersama, mercusuar bagi ormas,” kata Cholil.

Sementara itu Wakil Sekretaris Jenderal MUI Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia Ikhsan Abdullah mengatakan pembentukan tim khusus tersebut merupakan tindak lanjut di kalangan internal kelembagaan. Tim khusus beranggotakan 9 orang yang merupakan pengurus aktif di MUI. 

"Ini diketuai langsung oleh Ketua MUI Bidang Hukum dan HAM Prof. Noor Achmad," kata Ikhsan.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...