Jadi Sorotan KPK, Harta Bupati Pandeglang Rp 62 M dan Punya 112 Tanah

Ade Rosman
9 Mei 2023, 11:55
Bupati Pandeglang Irna Narulita. Foto: Antara.
Antara
Bupati Pandeglang Irna Narulita. Foto: Antara.

Bupati Pandeglang Irna Narulita sedang menjadi sorotan belakangan ini. Hal tersebut karena putrinya, Rizka Amalia Ramadhani Natakusumah dinilai warganet kerap memamerkan gaya hidup mewah di media sosial. 

Gaya hidup yang ditunjukkan Rizka di media sosial pribadinya dinilai bertolak belakang dengan kondisi Pandeglang. Bahkan KPK mengaku akan meminta konfirmasi Irna terkait kepemilikan harta ini. 

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) terbaru milik Irna Narulita mencapai Rp 62.562.624.825. LHKPN Irna terakhir dilaporkan pada 8 Februari 2023 lalu.

Berdasarkan catatan LHKPN yang dilaporkannya, Irna memiliki aset berupa tanah dan bangunan yang berjumlah 112, yang tersebar di Kabupaten/Kota Serang dan Pandeglang.

“Hasil sendiri,” keterangan yang tertulis dalam LHKPN Irna, diakses Selasa (9/5).

Irna sendiri mengklaim tidak ada penambahan aset dari harta yang dilaporkannya tersebut. Ia mengatakan, jumlah nominal yang didapat karena adanya penyesuaian dengan harga tanah yang meningkat, sehingga yang bertambah hanya nilainya.

“Jadi harta atau aset yang ibu miliki yang sudah ibu laporkan ke LHKPN KPK, tetap, tidak ada yang bertambah, satu aset pun tidak ada yang nambah,” katanya, seperti disiarkan di YouTube KompasTV, dilansir Selasa (9/5).

Adapun harta lainnya yang dilaporkan yaitu alat transportasi sepeda motor honda tahun 2008 yang bernilai Rp 2,7 juta. Lalu terdapat harta bergerak lainnya senilai Rp 562.350.000, dan juga kas dan setara kas yang dituliskannya, senilai Rp 62.562.624.825.

Sebelumnya Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyatakan akan meminta klarifikasi dari Irna terkait harta kekayaannya yang dinilai janggal tersebut.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...