Atletik Tambah 6 Medali Emas, RI Naik ke Posisi 4 Klasemen Sea Games

Happy Fajrian
11 Mei 2023, 06:55
sea games, medali emas, cabang olahraga atletik,
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Atlet Indonesia Maria Natalia Londa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada acara penghargaan pemenang nomor lompat jauh putri SEA Games 2023 di Stadion Morodok Techo National Stadium, Phom Penh, Kamboja, Rabu (10/5/2023).

Indonesia naik ke peringkat 4 klasemen sementara raihan medali Sea Games 2023 di Kamboja, terutama berkat tambahan 6 medali emas dari cabang olahraga atletik. Hingga Rabu (10/5) tim Merah Putih telah meraih 33 emas, 31 perak, dan 57 perunggu, sehingga total perolehan medali sebanyak 121.

Sementara itu Vietnam masih memuncaki perolehan medali dengan total 151 medali yakni 48 emas, 47 perak, dan 56 perunggu. Kamboja menyusul Kdi urutan ke dua dengan 46 emas, 41 perak, dan 51 perunggu atau total 138 medali.

Di peringkat ke-3 ada Thailand dengan 45 emas, 36 perak, dan 50 perunggu atau 131 medali. Setelah Indonesia di peringkat ke-4 ada Filipina dengan 26 emas, 45 perak, dan 56 perunggu atau total 127 perunggu.

Adapun Indonesia mendapat tambahan 6 medali emas, 2 perak, dan 8 perunggu dari cabang olahraga atletik. Tambahan 6 enam membuat cabang olahraga atletik Indonesia melampaui target yang dicanangkan yakni lima.

Manajer Tim Atletik Indonesia Mustara Musa mengatakan perlombaan untuk cabang atletik masih akan berlanjut dalam dua hari ke depan. Untuk itu, dia berharap atlet yang akan bersaing bisa menambah pundi-pundi medali untuk Kontingen Merah Putih.

“Keberhasilan ini adalah bagian dari proses persiapan, kerja sama, saling menutupi dalam kompetisi besar. Jadi ini adalah satu dampak dari proses. Bersyukur yang ditargetkan kontingen 5 emas, kami sudah dapat enam. Secara keseluruhan target itu ada 5 emas, 9 perak, dan 9 perunggu,” kata Mustara seperti dikutip Antara.

Tambahan emas ini disumbangkan Maria Natalia Londa dari nomor lompat jauh putri dengan catatan lompatan terjauh 6,28 meter pada percobaan kelima. Emas juga diraih Lalu Muhammad Zohri, Wahyu Setiawan, Bayu Kertanegara, dan Sudirman Hadi meraih emas pada nomor estafet 4x100 meter putra.

Medali emas juga disumbangkan Agus Prayogo dari nomor maraton putra, Odekta Elvina Naibaho (maraton putri), Hendro Yap (20 km jalan cepat putra), dan Abdul Hafiz (lempar lembing putra).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...