PKB dan Gerindra Menanti Golkar Gabung Koalisi Indonesia Raya

Aditya Widya Putri
21 Mei 2023, 19:18
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) bersiap mengikuti pertemuan tertutup di Jakarta, Rabu (3/5/2023). Pertamuan itu membahas pembentukan koalisi besar serta berbagai isu aktual menjelang Pemi
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) bersiap mengikuti pertemuan tertutup di Jakarta, Rabu (3/5/2023). Pertamuan itu membahas pembentukan koalisi besar serta berbagai isu aktual menjelang Pemilu dan Pilpres 2024.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ingin menarik Partai Golongan Karya (Golkar) bergabung Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya bersama dengan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024.

"Kita berharap Golkar bisa menjadi tiga pilar koalisi bersama Gerindra dan PKB. Tapi kapan itu, kita tunggu," kata Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar di Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (21/5).

Cak Imin, panggilan karib Muhaimin berharap Partai Golkar merapat ke dalam Koalisi Indonesia Raya secepatnya, dalam waktu dekat. Namun ia belum bisa memastikan kapan partai berlambang beringin itu resmi memutuskan gabung.

“Hingga saat ini PKB masih konsisten dan akan bekerja sama dengan Partai Gerindra,” katanya.

Koalisi yang dibangun oleh kedua partai tersebut menyatakan tetap solid dan menunggu momentum menyambut pesta demokrasi pada 2024. Cak Imin juga akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam sebuah acara di Jombang, Jawa Timur.

Ia juga tengah menunggu pertemuan antara Prabowo Subianto dengan mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...