Polri Sebut Laporan Penipuan Tiket Coldplay Tersebar di Tiga Daerah

Yuliawati
Oleh Yuliawati
22 Mei 2023, 17:24
Marak kabar calo tiket Coldplay.
Instagram/@coldplay
Marak kabar calo tiket Coldplay.

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menerima beberapa laporan masyarakat terkait dugaan penipuan penjualan tiket konser grup band Coldplay. Laporan polisi itu berasal dari tiga daerah berbeda, yakni Jakarta, Kepulauan Riau dan Jawa Tengah. 

"Polda jajaran yang telah menerima beberapa laporan polisi adalah Polda Metro Jaya, Polda Kepulauan Riau, dan Polda Jawa Tengah,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Ahmad Ramadhan di Jakarta, Senin (22/5).

Ramadhan menyebut beberapa pengaduan itu belum disertai bukti pendukung dari para korban.

Adapun Bareskrim Polri juga menerima satu laporan polisi dari belasan korban dugaan penipuan tiket Coldplay dengan kerugian sekitar Rp 40 juta yang dilayangkan oleh kuasa hukumnya pada Jumat (19/5).

Dia menyebut saat ini penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri dan polda jajaran sedang melakukan pendalaman dan penyelidikan terhadap laporan tersebut.

Selain itu, Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri bakal melakukan klarifikasi kepada vendor terkait penjualan daring tiket konser Coldplay yang berpotensi menimbulkan korban, dengan modus menyediakan jasa pembelian tiket atau reseller yang tidak melalui tiket box resmi, yaitu melalui akun media sosial maupun platform lainnya.

Pihak penyelenggara melalui akun resmi di media sosial menyatakan bahwa tiket prajual dan public sale telah habis. "Agar masyarakat berhati-hati dalam menerima informasi dari pihak yang dapat membantu untuk mendapatkan tiket," kata Ramadhan.

Heboh Puteri Indonesia Jual 100 Tiket Coldplay

Media sosial sedang dihebohkan dengan mantan Puteri Indonesia Intelegensia, Lycie Joanna Jonsen, yang menjual 100 tiket Coldplay dengan harga dua kali lipat dari yang diterapkan oleh promotor. Dalam Instagram storynya, Lycie mengaku mendapatkan tiket tersebut dari orang dalam.

Berdasarkan penelusuran Katadata.co.id, Lycie menjual semua kelas tiket dari yang termurah CAT 8 hingga Ultimate Experience. Namun demikian, dia menjual harga tiket tersebut dua kali lipat dari harga promotor. 

Misalnya saja tiket Coldplay CAT 8 yang seharusnya Rp 800.000 menjadi Rp 1.600.000, tiket CAT 7 dan CAT yang seharusnya Rp 1,3 juta menjadi Rp 2,5 juta. Sementara harga tiket termahal Ultimate Experience yang seharusnya Rp 11 juta, dijual menjadi Rp 21 juta.

Dalam unggahannya, Lycie mengatakan akan kembali menjual tiket Coldplay. Namun demikian, harga tiket tersebut akan lebih mahal karena sudah dinaikkan oleh "orang dalam".

"Yang gak dapat dapat sorry banget. Kalau mau ikut kuota 2. Tapi harganya sudah naik nih dari orang dalemnya," tulis Lycie.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...