Penularan Covid-19 Melandai, Jokowi Putuskan Indonesia Masuk Endemi

Ameidyo Daud Nasution
14 Juni 2023, 13:48
covid-19, jokowi, endemi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern (Rakornas Wasin) 2023 di Jakarta, Rabu (14/6/2023).

Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia segera masuk status endemi Covid-19. Hal ini karena penularan virus corona terus melandai serta meluasnya cakupan vaksinasi.

Jokowi mengatakan status tersebut akan diumumkan bulan ini. Pemerintah saat ini tengah merampungkan proses transisi dari status pandemi ke endemi Covid-19.

"Sudah kami putuskan masuk endemi. Dimatangkan dalam seminggu atau dua minggu," kata Joko Widodo di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan, Jakarta, Rabu (14/6) dikutip dari Antara.

Jokowi mengatakan jumlah kasus harian Covid-19 selama beberapa hari terakhir sebanyak 217 kasus, sedangkan kasus aktif corona 10.200 kasus. Sedangkan vaksinasi juga sudah di atas 452 juta dosis.

"Sehingga kami putuskan masuk ke endemi," kata Jokowi.

Rencana ini telah disampaikan Jokowi sejak akhir tahun lalu. Penularan corona memang terus mengalami tren penurunan sejak 2022. 

“Pandemi memang mulai mereda. Mungkin sebentar lagi akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir,” kata Jokowi pada 3 Oktober 2022 lalu.

Kendati demikian, Jokowi mengingatkan, situasi perekonomian global tetap harus diperhatikan karena pemulihan ekonomi pascapandemi belum kembali normal, bahkan memburuk.


Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...