Top Stories: Legenda Sembilan Naga, Harga Elpiji 3 Kg Tinggi di Jatim

Aryo Widhy Wicaksono
22 Juni 2023, 09:56
Ilustrasi Kota Jakarta
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi Kota Jakarta

PT Pratama Abadi Nusa Industri Tbk (PANI) resmi menunjuk pimpinan Agung Sedayu Grup, Sugianto Kusuma atau Aguan, menjadi Direktur Utama PANI. Perusahaan mengambil keputusan ini dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Senin (19/6) lalu.

Terpilihnya Aguan menjadi presiden direktur PANI memunculkan kembali perbincangan terkait Kelompok Sembilan Naga.

Meski tidak ada literatur resmi yang mengonfirmasi Kelompok Sembilan Naga. Namun, masyarakat mengenal kelompok ini sebagai pengusaha kelas kakap ‘penguasa’ Indonesia. Istilahnya muncul pada era Orde Baru, kala pengusaha dan pemerintah membentuk hubungan saling menguntungkan.

Berita mengenai legenda kelompok pengusaha yang dikenal sebagai Sembilan Naga menjadi artikel dengan minat baca tinggi atau Top Stories Katadata.co.id. Simak juga artikel menarik lainnya, seperti wawancara ekslusif Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, serta harga tinggi gas Elpiji tiga kilogram.

Berikut Top Stories Katadata.co.id:

1. Legenda Sembilan Naga, Kelompok Pengusaha Berjaya di Era Orde Baru

Terpilihnya Sugianto Kusuma alias Aguan menjadi presiden direktur PT Pratama Abadi Nusa Industri Tbk memunculkan kembali perbincangan terkait Kelompok Sembilan Naga. Pengusaha ini dikenal dekat dengan pendiri Artha Graha Group yang kerap disebut termasuk dalam kelompok itu, Tommy Winata.

Nama Aguan dikenal pada 1970-an karena terlibat penyelundupan barang elektronik dari daerah asalnya, Palembang, Sumatera Selatan. Dia yang memperkenalkan Tommy Winata dengan Yayasan Kartika Eka Paksi milik TNI Angkatan Darat.

Dari yayasan tersebut, Tommy menyelamatkan Bank Propelat yang awalnya dimiliki oleh Yayasan Siliwangi. Nama bank kemudian berubah menjadi Bank Artha Graha dan masih berdiri hingga sekarang.

Baca lebih lengkap mengenai kelompok Sembilan Naga yang berjaya di era Orde Baru.

2. Waketum Gerindra: Target Utama Kami Prabowo Menang Pilpres 2024

Partai Gerindra menjadi partai yang tumbuh dengan cepat. Sejak berdiri pada 2008 silam, Gerindra sudah tiga kali mengikuti pemilu. Dalam tiga kali pemilu suara partai pimpinan Prabowo Subianto itu melonjak signifikan.

Keikutsertaan pertama di 2009 membawa Gerindra lolos ke Senayan dengan perolehan suara 4,46 persen. Saat itu Gerindra mengusung Prabowo sebagai calon wakil presiden mendampingi Megawati Soekarnoputri.

Kini, menyongsong pemilu dan pemilihan presiden 2024 Gerindra kembali tampil percaya diri. Jauh sebelum pemilu digelar pada 14 Februari 2024, Gerindra telah mengumumkan akan mengusung kembali Prabowo sebagai calon presiden.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan penetapan Prabowo sebagai calon presiden menambah semangat kader Gerindra untuk bergerak hingga ke akar rumput.

Simak wawancara lengkap dengan Habiburokhman mengenai target utama Gerindra untuk Prabowo pada Pilpres 2024.

3. Harga Elpiji 3 kg Tinggi, Pertamina Imbau Masyarakat Beli di Pangkalan

Pertamina mengimbau masyarakat Jawa Timur (Jatim) untuk membeli elpiji 3 kilogram (kg) bersubsidi di pangkalan resmi Pertamina atau SPBU terdekat agar mendapatkan stok dengan harga eceran tertinggi atau HET Rp 16.000 per tabung.

Imbauan tersebut menyikapi ketersediaan dan melambungnya harga elpiji 3 kg di beberapa daerah di Jawa Timur. Pertamina Patra Niaga memastikan bahwa stok elpiji melon dalam rantai distribusi Pertamina sampai dengan pangkalan resmi dalam keadaan aman.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...