Presiden Jokowi Salat Idul Adha di Yogyakarta Besok

Dini Pramita
28 Juni 2023, 22:36
Ilustrasi. Presiden Jokowi akan melaksanakan salat Idul Fitri di Yogyakarta bersama masyarakat, Kamis (29/6).
Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Ilustrasi. Presiden Jokowi akan melaksanakan salat Idul Fitri di Yogyakarta bersama masyarakat, Kamis (29/6).

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan melaksanakan salat Idul Adha 1444 Hijriah di halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta besok, Kamis (29/6). Lokasi tersebut dibuka untuk masyarakat umum sehingga masyarakat memiliki kesempatan untuk melaksanakan salat bersama Presiden Jokowi.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan salat akan dimulai pada pukul 06.30 WIB. Dalam salat tersebut, Kepala Bidang Urusan Agama Islam di Kantor Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Kementerian Agama, Jauhar Mustofa, dijadwalkan akan menjadi imam sekaligus khatib.

Maulana Hasbulloh akan bertindak sebagai bilal dan memandu kumandang takbir. Adapun tema khotbah yang diusung adalah "Semangat Berkurban dan Ketaatan Nabi Ismail AS".

Pada tahun ini, Presiden Jokowi membagikan 38 sapi kurban ke 38 provinsi di Indonesia. Jumlah ini meningkat dari sebelumnya yang berjumlah 34 ekor, mengikuti pertambahan jumlah provinsi di Indonesia.

Jenis sapi kurban yang dibagikan adalah Limosin Angus, Limosin Angus Brahman, dan Simental, yang memiliki bobot di atas 900 kg per ekor dengan harga mencapai ratusan juta rupiah.

Menurut Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretariat Presiden bekerjasama dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Agama untuk mendistribusikan sapi-sapi tersebut. Sebelum didistribusikan, sapi-sapi itu wajib melalui skrining kesehatan sehingga dapat dipastikan terbebas dari penyakit mulut dan kuku.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...