Gunung Ibu di Maluku Utara Erupsi 600 Meter, Potensi Hujan Abu

Tia Dwitiani Komalasari
2 Juli 2023, 09:22
Erupsi Gunung Ibu
PVMBG Melalui Antara
Erupsi Gunung Ibu

Gunung Ibu di Halmahera Utara, Maluku Utara erupsi sekitar pukul 19:37 WIT, Sabtu (1/7). Erupsi mengeluarkan letusan sekitar 600 meter di atas puncak gunung dan mengarah ke barat.

"Tinggi kolom letusan teramati di atas puncak atau sekitar 1925 meter di atas permukaan laut  ke arah barat," tulis akun resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Twitter.

PVMBG melanjutkan, kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal.  Sementara itu, erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 28 mm dan berdurasi 59 detik.

Oleh karena itu, PVMBG mengimbau agar masyarakat dan wisatawan tidak berada di dalam radius 2 km dari Gunung Ibu.

"Masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung/wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius dua km dan perluasan sektoral berjarak 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif gunung itu," lanjut pernyataan PVMBG.

Kemudian, bila terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan masker dan kacamata.

Bencana Alam Awal 2023

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, terdapat 1.718 peristiwa bencana alam di Indonesia selama periode 1 Januari-8 Juni 2023.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...