Supermoon Bisa Disaksikan Hari Ini

Lavinda
Oleh Lavinda
3 Juli 2023, 17:11
Supermoon
Getty
Full Buck Supermoon

Fenomena alam Full buck supermoon atau purnama rusa super akan muncul dan terlihat oleh warga dunia pada Senin (3/7) hari ini. Di Indonesia, supermoon akan mulai terlihat sekitar pukul 17.40 WIB.

Full buck supermoon merupakan penamaan untuk bulan purnama yang muncul setiap sembilan tahun sekali pada Juli. Nama ini populer karena menurut Almanac, tanduk rusa jantan sedang tumbuh saat supermoon berlangsung.

Bulan tidak hanya akan lebih dekat ke bumi dibanding biasanya, tetapi bulan juga akan tetap lebih rendah di langit daripada waktu lainnya tahun ini.

Dikutip dari Livescience, sisi bulan yang menghadap bumi akan sepenuhnya diterangi oleh matahari pada pukul 6.40 pagi EDT pada Senin (3/7), tetapi akan terlihat paling baik saat bulan terbit malam sebelumnya seperti yang terlihat di langit tenggara.

Supermoon akan berada di konstelasi Sagitarius, dan tampak cerah dan penuh pada malam tanggal 2 dan 4 Juli.

Supermoon digambarkan sedikit lebih dekat ke bumi daripada rata-rata, sehingga akan terlihat sedikit lebih besar dan lebih terang. Bulan memiliki orbit bumi yang berbentuk elips, sehingga setiap bulan memiliki titik perigee atau jarak terdekat dan apogee atau jarak terjauh.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...