Kejagung: Pemeriksaan Menpora Dito di Luar Perkara Korupsi BTS Kominfo

Ade Rosman
3 Juli 2023, 17:39
Menpora diperiksa Kejaksaan Agung
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nz
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo (tengah) tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Bundar Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (3/7/2023). Kejaksaan Agung memanggil Menpora Dito Ariotedjo sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur BTS 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kominfo Tahun 2020-2022.

Kejaksaan Agung memeriksa Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo selama lebih dari dua jam pada Senin (3/7). Direktur Penyidikan Jampidsus Kejaksaan Agung Kuntadi mengatakan, pemeriksaan Dito tidak berkaitan dengan tindak pidana yang menyangkut proyek Base Transceiver Station (BTS) di Kementerian Komunikasi dan Informatika periode 2020 hingga 2022.

"Yang bersangkutan kami periksa dari jam 1 sampai jam 3 dengan 24 pertanyaan. Semua pertanyaan dijawab dengan baik, transparan," kata Kuntadi dalam konferensi pers di Gedung Bundar Kejagung, Jakarta Selatan, Senin (3/7).

Kuntadi mengatakan, terkait materi yang ditanyakan pada Dito tidak bisa ia ungkapkan kepada publik saat ini. Namun ia menjelaskan permintaan keterangan terhadap Dito di luar perkara dugaan korupsi proyek BTS.

Menurut Kuntadi pertanyaan yang ditanyakan pada Dito berada di luar tempus delicti atau waktu terjadinya tindak pidana dalam proyek BTS. Kuntadi mengatakan, informasi yang berkembang berdasarkan pada keterangan Komisaris PT Solitechmedia Synergy Irwan Hermawan yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam korupsi BTS.

"Terinfo dalam rangka untuk menangani mengendalikan penyelidikan ada upaya untuk memberikan sejumlah uang. Sehingga dari hal tersebut tampak jelas peristiwa ini tidak ada kaitannya dengan tindak pidana yang menyangkut proyek BTS paket 1 sampai 5," kata Kuntadi.

Kuntadi mengungkapkan, Irwan mengatakan bahwa dirinya mengumpulkan dan menyerahkan uang dalam rangka mengupayakan agar penyidikan tidak berjalan. Namun, ia mengatakan Kejagung masih melakukan pendalaman terkait detail sumber dana serta ada atau tidaknya hal tersebut.

Klarifikasi Dito 

Usai pemeriksaan, Dito yang mengenakan topi merah, kaos putih, dan jaket hitam menyinggung beban moral akibat kabar dirinya terkait perkara tersebut. Ia mengatakan hadir sebagai individu bukan sebagai seorang menteri.

"Saya memiliki keluarga yang di mana saya harus meluruskan ini semua dan juga mempertanggungjawabkan kepercayaan publik yang sudah diberikan selama ini," kata Dito.

Ia mengatakan, sejak namanya mencuat, ia berkeinginan untuk segera memberikan konfirmasi pada Kejagung, namun karena kunjungan kerja yang dilakukannya ke luar negeri dalam dangka special olympic di Berlin sehingga baru sempat dilakukan, dan kebetulan, tambah Dito, Kejagung pun telah memanggilnya.

"Dari awal ingin sekali secepat-cepatnya klarifikasi agar ini tidak berlarut-larut, dan alhamdulilah hari ini forumnya dilaksanakan tadi hampir dua jam kami banyak memberikan keterangan dan diskusi," kata Dito.

Ia pun berharap, adanya tindak lanjut secara resmi terhadap perkara tersebut sehingga dapat membersihkan namanya serta mengembalikan kepercayaan publik padanya.

"Ini bisa juga untuk membersihkan nama saya dan juga kepercayaan yang sudah diberikan baik dari Bapak Presiden Jokowi maupun masyarakat yang selama ini sudah mendukung saya," kata Dito.

Sebelumnya Kejagung menjadwalkan pemeriksaan terhadap Dito pada Senin (3/7) pagi pukul 09.00 WIB. Namun, karena Dito harus menghadiri agenda lain, sehingga pemeriksaan diundur menjadi pukul 13.00 WIB. 

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...