RI Masuk Endemi, Ketersediaan Tempat Tidur Pasien Covid Tetap Dijamin

Andi M. Arief
3 Juli 2023, 18:33
endemi, covid-19, rumah sakit
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.
Sejumlah alat kesehatan yang sudah tidak digunakan di Rumah Sakit Darurat COVID (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Pemerintah tetap menjamin ketersediaan tempat tidur bagi pasien Covid-19 meski Indonesia masuk endemi. Kementerian Kesehatan meminta rumah sakit setidaknya mengalokasikan 10% dari total ketersediaan untuk ruang isolasi.

Namun perubahan status pandemi ke endemi membuat tanggung jawab penanganan Covid-19 bergeser dari pemerintah ke masyarakat. Oleh karena itu, pelayanan seperti isolasi bagi pasien bergejala ringan dianjurkan dilakukan di tempat tinggal masing-masing.

"Kalau ada peningkatan kasus atau kejadian luar biasa kapasitas ruangan untuk pasien Covid-19 bisa ditingkatkan sampai 30%," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9, Senin (3/7).

Maxi mengatakan alur pelayanan pasien Covid-19 pada masa endemi pun disesuaikan. Menurutnya, pasien Covid-19 dapat memulai pelayanan dari Unit Gawat Darurat seperti pasien biasa.

Pemerintah akan tetap memasukkan program vaksinasi setidaknya hingga akhir tahun ini. Akan tetapi, Maxi tidak menjelaskan lebih lanjut terkait program vaksinasi pada tahun depan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...