Jokowi Kunjungi Papua Nugini, Resmikan Rute Penerbangan Baru

Andi M. Arief
5 Juli 2023, 12:28
Presiden Jokowi
Kris | Biro Pers Sekretariat Kepresidenan
Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke Papua Nugini hari ini, Rabu (5/7). Kepala Negara dijadwalkan bertemu dengan Gubernur Jenderal Papua Nugini Bob Dadae dan Perdana Menteri Papua Nugini James Marape.

"Presiden akan menghadiri pertemuan forum bisnis dengan para pengusaha di Papua Nugini dan meluncurkan penerbangan perdana maskapai Citilink rute Denpasar-Port Moresby,"  demikian disampaikan sekretariat presiden dalam keterangan resmi, Rabu (5/7).

Jokowi tercatat telah bertolak ke Papua Nugini dari Sydney, Australia pukul 07.20 waktu setempat. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berencana untuk melakukan kunjungan di Papua Nugini hingga besok, Kamis (6/7).

Pada Kamis, (6/7), Kepala Negara dijadwalkan bertolak ke Jayapura untuk mengikuti Papua Street Festival. Seperti dikutip dari Antara, Jokowi akan membuka Papua Street Carnival pada Jumat (7/7).

Pelaksanaan Papua Street Festival dirancang menyamakan kemeriahan Papua Street Carnival dengan Street Carnival Brazil. Pasalnya, Papua Street Carnival juga akan diadakan dekat laut.

Untuk mendukung kegiatan pemerintah Papua telah menyiapkan gedung Kantor Gubernur Papua sebagai sarana pendukung. Halaman kantor gubernur juga dibuka untuk publik.

Sebelumnya Jokowi telah melakukan kunjungan kenegaraan ke Australia pada 3-5 Juli 2023 untuk menghadiri Leaders Annual Meeting 2023. Tercatat ada empat pembahasan yang dilakukan Jokowi dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dalam pertemuan tersebut.

Salah satu pembahasan yang dimaksud terkait pengembangan ekosistem kendaraan elektrik atau EV. Jokowi mengatakan kerja sama Indonesia dan Australia terkait pengembangan produksi baterai EV menjadi salah satu prioritas masa depan.

"Indonesia dan Australia harus membangun kerja sama ekonomi yang lebih substantif dan strategis melalui pengembangan bersama produksi baterai EV," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Selasa (7/4).

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...