Pemerintah Hanya Tanggung Vaksin Covid-19 Sampai Akhir 2023

Andi M. Arief
5 Juli 2023, 15:27
vaksin, covid-19, vaksinasi
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/rwa.
Seorang petugas kesehatan menyuntikkan vaksin meningitis meningokokkus ke Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Jumat (14/4/2023).

Pemerintah belum akan mengubah program vaksinasi Covid-19 dalam waktu dekat. Namun mereka akan mempertajam target vaksinasi Covid-19 mulai 2024.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu akan memprioritaskan vaksinasi Covid-19 pada kelompok risiko tinggi mulai 1 Januari 2024.

Menurutnya, anggota kelompok risiko tinggi tersebut adalah lansia dengan komorbid, dewasa muda dengan komorbid, dewasa muda dengan obesitas, dan dewasa muda dengan kondisi immunocompromised.

"Untuk program vaksinasi Covid-19 yang sekarang ini, sampai Desember 2023 masih seperti biasa," kata Maxi di Gedung DPR, Rabu (5/7).

Maxi mencatat program vaksinasi Covid-19 pada tahun ini akan menggunakan stok vaksin lokal sebanyak 5 juta dosis. Maxi menilai seluruh vaksin tersebut cukup untuk memenuhi program vaksinasi Covid-19 sepanjang 2023.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...