Jokowi Panen Jagung Di Food Estate Papua, Soroti Masalah Irigasi

Andi M. Arief
6 Juli 2023, 18:08
jokowi, food estate, irigasi, papua
Antara
Presiden Joko Widodo menghadiri panen jagung di Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (6/7). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo telah mengunjungi Food Estate Kabupaten Keerom, Papua dalam rangka melihat hasil panen jagung. Jokowi menilai realisasi penanaman tersebut telah cukup bagus.

Jokowi mencatat potensi panen jagung dari Food Estate Keerom mencapai 7 ton per hektar. Angka tersebut lebih tinggi 25% dari rata-rata panen jagung nasional sebesar 5,6 ton per hektar.

"Ini sudah 7 ton per hektar karena saya lihat tanahnya sangat subur, tapi airnya perlu dikelola dengan baik," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Kamis (6/7).

Namun Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengakui performa Food Estate Keerom dalam panen jagung kali ini kurang optimal. Salah satu evaluasi yang disoroti Jokowi adalah lebar saluran irigasi yang mencapai 12 meter.

Oleh karena itu, Jokowi telah menginstruksikan agar saluran irigasi tersebut dipersempit menjadi sekitar 5,5 meter. "Panen yang kedua saya akan lihat lagi sampai betul-betul semua jagungnya gede-gede,," katanya.

Menurutnya, lahan yang akan dipakai pada masa tanam selanjutnya mencapai 45 hektar. Mantan Wali Kota Solo ini meminta proses pengembangan Food Estate Keerom tidak terburu-buru.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, total lahan yang telah dibersihkan hingga Maret 2023 mencapai 500 hektar. Adapun, total lahan Food Estate Keerom mencapai sekitar 10.000 hektar dengan fokus pangan jagung.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...