Heru Budi Jawab Isu Politisasi Renovasi JIS: Lihat Saja Nanti Hasilnya

Andi M. Arief
6 Juli 2023, 18:33
jis, heru budi, anies, jakarta
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono memberi keterangan pers usai meninjau Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Selasa (4/7).

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono angkat bicara terkait tudingan politisasi dalam renovasi Jakarta International Stadium atau JIS. Salah satu yang direspons oleh Heru terkait penggantian rumput di JIS.

Heru mengatakan renovasi tersebut sedang dikerjakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian PUPR. Namun Heru tidak memerinci lebih lanjut terkait teknis perbaikan rumput tersebut.

"Kami kan memberikan yang terbaik, sudah itu saja. Lihat saja di lapangan nanti hasilnya," kata Heru di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Kamis (6/7).

Seperti diketahui, pemerintah mengucurkan dana senilai Rp 6 miliar untuk penggantian rumput JIS. Selain rumput, ada beberapa infrastruktur tambahan yang akan ditanggung oleh pemerintah pusat.

Beberapa infrastruktur yang dimaksud adalah pembangunan akses jembatan penyeberangan orang dari Ancol, jalan akses tol, dan jembatan penyeberangan orang dari stasiun kereta api.

Jakarta International Stadium
Jakarta International Stadium (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.)

Isu politisasi JIS mencuat setelah Juru Bicara Anies Baswedan Sudirman Said mengomentari rencana renovasi stadion tersebut jelang Piala Dunia U-17. Menurutnya, pemerintah terkesan mencari-cari kekurangan terkait stadion yang dibangun saat Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Menurut Sudirman, minimnya apresiasi terhadap pembangunan JIS lebih terkesan politis. Alasannya Anies merupakan calon presiden yang diusung partai politik yang memiliki pandangan berbeda dengan pemerintahan Jokowi.

Saat ini Anies telah mengantongi tiket calon presiden dari Partai Nasional Demokrat, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera. Sudirman mengatakan  perbedaan posisi politik bukan tidak mungkin membuat ada unsur politik di balik polemik renovasi JIS.

“Kok pemerintah pusat seperti terus mencari-cari kekurangan? Masyarakat pasti memiliki pertanyaan yang sama, apa salahnya mengakui ada karya anak bangsa yang bermutu tinggi?,” kata Sudirman dalam keterangannya, Rabu (5/7).

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...