Top Stories: Polemik Biaya Kuliah di UI, Rekor Suhu Udara Global

Aryo Widhy Wicaksono
10 Juli 2023, 11:31
Mahasiswa BEM UI memprotes besaran biaya kuliah di Halaman Rektorat, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin (26/6/2023).
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp.
Mahasiswa BEM UI memprotes besaran biaya kuliah di Halaman Rektorat, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin (26/6/2023).

Ratusan calon mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) memprotes besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). Mereka menilai penetapan jumlahnya memberatkan.

Biaya kuliah menjadi salah satu faktor penentu keberlanjutan pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN). Mencuatnya kontroversi UKT ini terjadi setelah calon mahasiswa baru UI memprotes besarannya.

Hal ini disampaikan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI Melki Sedek Huang dalam konferensi pers di Depok, Jawa Barat, Jumat (23/6).

“Dari 2.000 lebih mahasiswa yang diterima melalui jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), terdapat setidaknya 700-800 aduan keberatan atas biaya pendidikan (UKT) yang ditetapkan,” kata Melki seperti dikutip dari Kompas.com.

UKT terbagi atas beberapa golongan. Hal ini dibedakan berdasarkan kemampuan keuangan orangtua mahasiswa dan pertimbangan lain yang ditentukan PTN. Biasanya, UKT juga akan berbeda-beda. Hal ini tergantung pada jalur masuk si mahasiswa.

Analisis mengenai perbandingan biaya kuliah 10 PTN di Indonesia menjadi artikel dengan minat baca yang tinggi atau Top Stories Katadata.co.id.

Simak Top Stories Katadata.co.id berikut:

1. Heboh UKT UI Mahal, Bagaimana Biaya Kuliah di Kampus Lain?

Biaya kuliah memang menjadi salah satu pertimbangan bagi calon mahasiswa dalam menentukan perguruan tinggi yang akan dipilih. Pada perguruan tinggi negeri atau PTN, biaya kuliah disebut dengan UKT yang dibayarkan setiap semester.

UKT terbagi atas beberapa golongan. Hal ini dibedakan berdasarkan kemampuan keuangan orangtua mahasiswa dan pertimbangan lain yang ditentukan PTN. Biasanya, UKT juga akan berbeda-beda. Hal ini tergantung pada jalur masuk si mahasiswa.

Katadata mengumpulkan data UKT 2023 di 10 PTN terbaik di Indonesia. Daftar PTN terbaik didasarkan pada penilaian Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) 2024.

Besaran UKT dibedakan berdasarkan rumpun program studi (prodi) sains dan teknologi (Saintek), selain kedokteran, kedokteran gigi, kedokteran hewan. Kemudian rumpun sosial dan humaniora (Soshum). Lalu dikategorikan lagi berdasarkan UKT tertinggi dan terendah dari masing-masing PTN.

Simak analisis lebih lengkap mengenai biaya UKT UI yang mahal, dan perbandingannya dengan biaya kuliah di kampus lain.

2. Suhu Udara Global Sentuh Rekor Tertinggi, Emisi Karbon Cina Jadi Fokus

Pada Senin 3 Juli 2023, rata-rata suhu udara dunia mencapai rekor tertingginya 17,01 derajat Celsius. Lebih dari separuh populasi dunia terdampak rekor gelombang panas dalam beberapa pekan terakhir seperti di Asia Selatan dan Tenggara, Cina Utara, Afrika Utara dan sebagian Amerika Utara.

Ahli iklim dunia ramai-ramai memperkirakan tahun ini masih akan ada rekor rata-rata suhu harian tertinggi baru seiring dengan meningkatnya emisi karbon dan datangnya El Nino. Perhatian pun tertuju pada negara-negara penyumbang emisi karbon terbesar dunia, seperti Cina.

Menurut Energy Institute Statistical Review of World Energy, Cina menyumbang lebih dari 30% emisi karbon dan gas rumah kaca global. Negeri Panda sejak 2005 telah menjadi negara penyumbang emisi karbon terbesar dunia.

Pasalnya, negara ini mengandalkan batu bara untuk lebih dari 61% pembangkit listrik pada 2022.

Baca lebih lengkap mengenai suhu udara global sentuh rekor tertinggi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...