Anggota DPRD Minta JIS Diaudit Usai Pernyataan Buro Happold

Ameidyo Daud Nasution
10 Juli 2023, 15:49
buro happold, jis, dprd
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo (kedua kanan) meninjau Stadion Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023).

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta meminta audit Jakarta International Stadium (JIS). Tujuannya, menelusuri dugaan kesalahan pembangunan stadion tersebut.

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Dwi Rio Sambodo mengatakan audit perlu dilakukan mulai perencanaan hingga pembangunan JIS. "Bentuk pansus jika dipandang perlu," katanya di Jakarta, Senin (10/7) dikutip dari Antara.

Rio mengatakan pembangunan JIS perlu dipertanyakan karena tak sesuai desain hingga konsultasi Buro Happold. Politisi PDI Perjuangan itu juga mengatakan niat awal Pemerintah Provinsi ingin menggunakan perusahaan asal Inggris itu dnegan harapan JIS sesuai standar FIFA.

"Tak mengherankan banyak kekurangan fasilitas stadion JIS dan jauh dari standar internasional," katanya.

Sebelumnya Buro Happold menegaskan tidak mendesain dan terlibat dalam konstruksi JIS, tetapi hanya membuat panduan desain dan jasa konsultasi stadion tersebut. Mereka bahkan menyebut pembangunan JIS tak sesuai dengan panduan yang telah mereka buat.

"Buro Happold merasa perlu memberikan penjelasan lebih detail di laman resmi perusahaan mengenai ruang lingkup pekerjaan dalam Proyek JIS guna menghindari kesalahan informasi dan persepsi," demikian tertulis dalam keterangan resmi yang dikutip Senin (10/7).

Adapun pembuatan panduan desain dan jasa konsultasi tersebut dilakukan perusahaan ini pada Desember 2018 hingga Maret 2019. Lingkup kerja yang dilakukan Buro Happold adalah membuat panduan desain, penilaian teknis dan komersial, konsep rencana induk di sekitar stadion, dan peta jalan implementasi proyek.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...