Dituding Mudahkan Dokter Asing Masuk, Menkes Berikan Klarifikasi

Andi M. Arief
11 Juli 2023, 18:26
dokter, ruu kesehatan, menkes
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyimak pertanyaan anggota Komisi IX DPR saat rapat kerja di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/3/2023).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah memudahkan dokter asing untuk praktek di dalam negeri. Budi menekankan hal tersebut tidak akan membuat lapangan kerja para dokter tergerus.

Budi menjelaskan salah satu alasan memudahkan praktik dokter asing adalah pengembangan industri kesehatan di dalam negeri. Budi membandingkan hal tersebut dengan dibukanya industri perbankan nasional bagi pemain asing.

Ia mengatakan tak ada serbuan bankir asing saat industri perbankan dibuka pasca krisis 1998. "Yang terjadi, perusahaan-perusahaan multinasional datang dan merekrut lulusan terbaik universitas nasional," kata Budi di Gedung DPR, Selasa (11/7).

Budi mengatakan sebagian pegawai lokal yang direkrut bank multinasional tersebut akhirnya dikirim ke luar negeri dan kembali ke Indonesia. Alhasil, bankir tersebut bisa diserap sistem perbankan internasional.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu mengatakan sistem perbankan nasional menjadi lebih baik setelah masuknya bank asing. Makanya, ia menilai masuknya dokter asing akan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara nasional.

Di samping itu, ia mengatakan saat ini seluruh negara di dunia mengaku kekurangan dokter. Dengan demikian, sulit untuk melihat masuknya ribuan dokter asing ke ke Indonesia.

"Kita membuka diri tidak akan menurunkan derajat, tapi membuka peningkatan kualitas," kata Budi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...