Anak Buahnya Jadi Wamen, Erick Titip Agenda BUMN di Kemlu dan Kominfo

Abdul Azis Said
17 Juli 2023, 10:39
bumn, erick thohir, pahala mansury, nezar patria
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan kata sambutan pada media briefing Festival Purnama di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (25/5/2023).

Dua pejabat Kementerian BUMN, Pahala Mansury dan Nezar Patria mengisi posisi baru sebagai Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) serta Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo). Menteri BUMN Erick Thohir mengaku kehilangan mereka berdua.

Pahala sebelumnya merupakan Wamen BUMN, sementara Nezar sejak tahun lalu merupakan Stafsus V Menteri BUMN. 

"Hari ini saya sangat kehilangan saat pak Pahala diberikan tugas di Wamenlu dan pak Nezar di Wamenkominfo," kata Menteri BUMN Erick Thohir ditemui di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7).

Ia kembali mengenang dua anak buahnya yang sebelunnya lebih dulu digeser. Dua pejabat yang dimaksud, Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin yang digeser menjadi Menteri Kesehatan serta Arief Prasetyo yang sebelumnya Dirut BUMN pangan.

Namun Erick menyambut positif perubahan posisi tersebut karena mencerminkan kepercayaan Presiden Joko Widodo terhadap talenta Kementerian BUMN. Selain itu, perubahan ini diharap bisa meningkatkan sinergitas Kementerian BUMN dengan kementerian lain, khususnya Kemlu dan Kominfo.

Presiden Joko Widodo melantik Menkominfo dan lima orang wakil menteri hari ini di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7). Foto: Youtube/Sekretariat Pres
Presiden Joko Widodo melantik Menkominfo dan lima orang wakil menteri hari ini di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7). Foto: Youtube/Sekretariat Pres (Youtube/Sekretariat Presiden)

Posisi Pahala sebagai Wamenlu diharap bisa membantu BUMN dalam diplomasi dengan negara lain. Ia mencontohkan, Pahala bisa membantu memetakan rantai pasok bahan pupuk dari negara lain secara lebih menguntungkan.

"Atau investasi perminyakan, sumur-sumur di negara lain, tentu dengan pak Pahala di Wamenlu ini pun sinergitas," kata Erick.

Sementara, Nezar diharap bisa membanti sinergitas dengan Kementerian Kominfo khususnya terkait digital media. Ia menekankankam terkait isu publisher right untuk media.

Presiden Jokowi resmi melantik sejumlah menteri dan wakil menteri baru hari ini. Beberapa posisi baru tersebut antara lain,

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi

Wamenlu Pahala Mansury

Wamenkominfo Nezar Patria

WamenBUMN Roesan Roeslani

Wamenag, Saiful Rahman 

WamendesPDTT Paiman Raharjo

Reporter: Abdul Azis Said

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...