Top Stories: Bencana Akibat Perubahan Iklim, Relawan Jokowi di BUMN

Aryo Widhy Wicaksono
20 Juli 2023, 10:37
Ilustrasi perubahan iklim
pixabay.com
Ilustrasi perubahan iklim

Serangkaian bencana akibat anomali cuaca terjadi di berbagai belahan dunia. Dari Eropa dan Cina yang mengalami gelombang panas, hingga kebakaran hutan di Yunani.

Kondisi ini kontras dengan apa yang terlihat di India dan Korea Selatan. Hujan lebat justru melanda kawasan ini. Akibatnya terjadi banjir besar dan tanah longsor di beberapa wilayah, hingga menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

Berita mengenai beragam bencana imbas anomali cuaca akibat perubahan iklim, menjadi artikel dengan minat baca tinggi atau Top Stories Katadata.co.id pada Rabu (19/7).

Selain itu, simak juga artikel lainnya, seperti daftar relawan pendukung Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menduduki jabatan strategis di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta wawancara ekslusif Katadata.co.id dengan Shinta Kamdani.

Berikut Top Stories Katadata.co.id:

1. Gelombang Panas Eropa hingga Banjir di Asia Imbas Perubahan Iklim

Gelombang panas melanda sejumlah negara di Eropa dan juga Cina, dengan rekor suhu udara hingga 46°Celsius tercatat di 23 kota di Italia. Suhu panas juga menyebabkan terjadinya kebakaran hutan di kawasan Eropa Selatan.

Seiring dengan serangan gelombang panas, otoritas setempat mengeluarkan peringatan tentang risiko kematian dan serangan jantung.

Di barat ibu kota Yunani, Athena, kebakaran hutan sudah memasuki hari ketiga dengan pengebom air udara melanjutkan operasi untuk mengendalikan api sejak matahari terbit dan pemadam kebakaran bekerja sepanjang malam untuk menjauhkan api dari kilang minyak yang berlokasi tak terlalu jauh.

Sementara sejumlah negara berjibaku dengan cuaca super panas, Korea Selatan dan India malah menghadapi hujan lebat yang menyebabkan banjir besar hingga jatuh korban jiwa.

Sebanyak empat belas kematian terjadi di underpass kota Cheongju, di mana lebih dari selusin kendaraan terendam pada Sabtu (15/7) ketika tanggul sungai jebol. Di provinsi tenggara Gyeongsang Utara, 22 orang tewas, umumnya akibat tanah longsor dan aliran air yang deras.

Di India, banjir bandang, tanah longsor, dan kecelakaan akibat hujan deras telah menewaskan lebih dari 100 orang di bagian utara negara itu sejak awal musim hujan pada 1 Juni, di mana curah hujan 41% di atas rata-rata.

Simak laporan lengkap mengenai gelombang panas dan banjir imbas perubahan iklim.

2. Daftar Pejabat BUMN Berlatar Belakang Relawan Jokowi

Presiden Jokowi melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika menggantikan Johnny G Plate di Istana Negara, Jakarta pada Senin (17/7) . Selain Budi Arie, Presiden Jokowi juga melantik lima figur wakil menteri yang akan mengisi Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024.

Budi Arie merupakan Ketua Umum Projo. Projo merupakan organisasi relawan pendukung Jokowi sejak pemilihan presiden 2014.

Selain itu, juga ada pendukung Jokowi lainnya yakni Paiman Raharjo yang ditunjuk menjadi Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Paiman dikenal sebagai pentolan relawan Sedulur Jokowi dan pernah menjabat sebagai komisaris PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS).

Simak daftar pejabat BUMN yang berlatar belakang relawan Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...