Top News: Investasi Perusahaan Cina di Batam, Segmen Incaran Gopay

Aryo Widhy Wicaksono
21 Juli 2023, 05:55
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengunjungi Xin Yi Group di Wuhu, Cina, Selasa (18/7).
Kementerian Investasi
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengunjungi Xin Yi Group di Wuhu, Cina, Selasa (18/7).

Perusahaan industri kaca dan solar panel asal Cina, Xinyi Group, akan membangun hilirisasi Pasir Kuarsa di Kawasan Rempang, Batam. Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, bertolak ke Cina untuk mengunjungi sejumlah investor potensial, termasuk Xinyi Group.

Xinyi Group, induk perusahaan Xinyi Glass dan Xinyi Solar, merupakan perusahaan multinasional yang berbasis di Hong Kong dan beroperasi secara global. Perusahaan ini adalah salah satu produsen kaca terbesar. Berbagai sektor industri, dari otomotif, konstruksi, hingga energi, tercatat menggunakan produk mereka.

Selain itu, Xinyi Group juga memimpin pembuatan panel surya, dengan memanfaatkan teknologi canggih dan berkelanjutan, untuk mendukung transisi global ke energi terbarukan.

Berita mengenai Xinyi Group berencana bangun hilirisasi pasir kuarsa di Batam, menjadi salah satu artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id pada Kamis (20/7).

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Produsen Kaca Terbesar Dunia Bangun Hilirisasi Pasir Kuarsa di Batam

Xinyi Group akan membangun hilirisasi Pasir Kuarsa di Kawasan Rempang, Batam. Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, mengunjungi Cina untuk menemui sejumlah investor potensial, termasuk Xinyi Group.

Bahlil mengatakan, kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut atas rencana investasi Xinyi Group di Kawasan Rempang Eco-City yang terletak di Batam, Kepulauan Riau.

"Saya lihat Xinyi adalah salah satu pemain yang terbesar di dunia yang akan melakukan investasi di Indonesia, di Rempang," ujar Bahlil dalam keterangan tertulis, Rabu (19/7).

Menurut Bahlil, kunjungan ini untuk memperlihatkan dukungan terhadap perusahaan-perusahaan asing yang ingin mengembangkan bisnis di Indonesia. Selain itu, juga mencerminkan komitmen pemerintah Indonesia untuk terus mendorong hilirisasi dalam berbagai sektor industri.

Sementara itu, CEO Xinyi Group Gerry Tung menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah Indonesia atas kemudahan dalam penanaman modal di Indonesia. Meningkatnya iklim investasi dan potensi ekonomi Indonesia merupakan salah satu faktor yang mendorong Xinyi Group memutuskan untuk menambah investasinya di Indonesia.

2. Perluas Cakupan, Gopay Bidik Segmen Masyarakat Ini

Emiten Teknologi, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) membeberkan alasan terkait aplikasi GoPay yang dibuat terpisah dengan aplikasi Gojek. Salah satunya ingin membidik masyarakat di segmen kelas menengah bawah.

Head of Regulatory and Public Affairs at GoTo Financial Budi Gandasoebrata menyebut penggunaan aplikasi GoPay mayoritas digunakan oleh masyarakat di segmen menengah atas.

Menurutnya, lokasi keberadaan masyarakat di segmen menengah atas mobilitasnya sangat tinggi. Hal ini membuat banyak masyarakat menengah atas butuh efektifitas terutama platform keuangan digital.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...