HUT RI 2024 Jadi Awal Ibu Kota Pindah dari Jakarta ke IKN Nusantara

Lona Olavia
30 Juli 2023, 20:13
HUT RI 2024 Jadi Awal Ibu Kota Pindah dari Jakarta ke IKN Nusantara
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Suasana proyek pembangunan Istana Kepresidenan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023). Presiden Joko Widodo menargetkan perayaan HUT ke-79 RI tahun 2024 bisa dilaksanakan di Istana Presiden IKN Nusantara.

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebut perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara secara bertahap dari DKI Jakarta.

"Kami berharap dan bekerja keras bahwa target pada tahun depan yakni upacara kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 akan berlangsung di IKN Nusantara yang dipimpin Presiden RI akan terwujud. Di situlah sebuah titik mengawali perpindahan secara bertahap ibu kota negara dari Jakarta ke IKN Nusantara," ujar Deputi Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono dalam diskusi daring, Minggu (30/7).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan progress pembangunan IKN Nusantara sudah mencapai 36% dan berjalan sesuai rencana. Selain itu pembangunan istana presiden di IKN juga sudah mencapai 23%.

Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, di depan kawasan istana presiden di IKN Nusantara akan terdapat plaza dan lapangan upacara.



Basuki berharap lapangan atau tempat upacara tersebut dapat dirampungkan pembangunannya pada akhir Desember tahun ini. Sedangkan, istana negara dan kantor presiden ditargetkan bisa diselesaikan pada Juli 2024.

Presiden RI berencana untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024.

Periode 2022-2024 sebagai informasi merupakan pemindahan tahap awal ibu kota ke IKN Nusantara. Serta melakukan pembangunan infrastruktur utama seperti istana kepresidenan, gedung MPR/DPR, dan perumahan, serta meliputi pemindahan aparatur sipil negara tahap awal.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...